Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP

Begini Hitung-hitungan Agar Sukses Lakukan Jumping di Balap Motocross

Rezki Alif Pambudi - Senin, 25 November 2019 | 16:15 WIB
Jumping motocross
Aryo/GridOto.com
Jumping motocross

GridOto.com - Meski terlihat mudah, proses jumping dalam balap motocross tidak asal-asalan ngegas dan loncat, tapi penuh perhitungan sob.

Seperti balapan trek aspal, balapan motocross juga harus melewati racing line tertentu agar bisa melewati trek dengan waktu sesingkat mungkin.

Bedanya, racing line yang dimaksud di motocross bukan sisi terdalam tikungan atau beberapa rute yang bagus lainnya seperti halnya balapan di atas aspal.

Tapi, racing line yang paling menentukan adalah cara melewati obstacle atau rintangan yang dilakukan para pebalapnya.

(Baca Juga: Avintia Putuskan Kontrak, Karel Abraham Bayarnya Kurang?)

Biasanya pembalap motocross diberi beberapa pilihan dalam melewati rintangan.

Misal, jika ada tiga bukit yang tidak terlalu jauh jaraknya, pilihan pertama pembalap bisa langsung melewati rintangan dalam sekali melompat.

Tim Gajser, juara MXGP 2019, saat melakukan jumping di atas motornya
MXGP.com
Tim Gajser, juara MXGP 2019, saat melakukan jumping di atas motornya

Atau pilihan keduanya jika ancang-ancang tidak terlalu kuat, pembalap bisa melaju dengan tetap menempel ke tanah untuk melewati tiga bukit itu.

Bisa juga hanya jumping melewati dua bukit dan bukit terakhir dilewati dengan jumping atau tetap melekat ke tanah.

(Baca Juga: Berkat Gabah, Pembalap MX2 AHRT Delvintor Alfarizi Dapat Poin Lagi di MXGP Semarang 2019)

Lebih efektif mana antara cara pertama, kedua, dan ketiga?

Sebenarnya semuanya tergantung dengan treknya, sebelum bukit itu pembalap bisa ancang-ancang dulu atau tidak, ukuran bukitnya besar atau kecil, dan banyak faktor lainnya.

Jumping motocross
Aryo/GridOto.com
Jumping motocross

Jika pembalap memilih cara pertama untuk melakukan jumping agar melewati semua bukitnya, caranya tidak sembarangan.

Ada hitung-hitungan fisikanya sob.

(Baca Juga: Menang di Audi R8 LMS Cup Sepang, Pembalap Andrew Haryanto Ikut Suzuka 1000 Km)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya jumping pembalap motocross.

Kecepatan pembalap harus tepat, tidak boleh lebih atau kurang.

Kalau kurang ya lompatan yang dilakukan tidak sampai target, kalau berlebihan ya tebak saja sendiri gimana jadinya.

Jadi kecepatan itu harus diperhitungkan dengan jarak antara dua puncak bukit, termasuk juga dengan sudut kemiringan bukit.

Gerakan motor trail melompat melewati bukit itu termasuk gerak parabola dalam ilmu fisika.

Ilustrasi gerak parabola
Wikimedia
Ilustrasi gerak parabola

Nah, sekarang kita coba soal mencari nilai kecepatan motor agar bisa melewati suatu obstacle.

Misal saja kita anggap ketinggian puncak bukitnya sama.

Jarak antara kedua puncak bukitnya 10 m, sudut elevasi bukit lompatannya 45 derajat, berapa kecepatan optimum agar motor bisa melewati bukit itu?

dimana x=jarak antara dua bukit, A= sudut elevasi, Vo=kecepatan awal, g=percepatan gravitasi bumi (9,81 m/s2)

Dengan menggunakan rumus gerak parabola di atas, didapatkan kecepatan awal adalah 35,65 km/jam.

(Baca Juga: Augusto Fernandez Gantikan Alex Marquez di Marc VDS Moto2)

Jadi sang pembalap harus melompat dengan kecepatan awal segitu agar lompatannya sempurna.

Pembalap motocross profesional (misal pebalap MXGP) memang tidak menghitung secara rinci berapa kecepatan mereka saat melompat.

Tapi dengan latihan dan pengalaman, mereka tidak perlu menghitung secara rinci karena sudah memahami perkiraan kecepatan untuk melewati suatu obstacle.

Jadi mereka akan memperkirakan berapa kecepatan motor saat akan melompati suatu obstacle.

Lebih lanjut, masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi keberhasilan pembalap saat jumping.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa