Luhut Sebut Pembatasan Pertalite Mulai 17 Agustus 2024, Pertamina Angkat Bicara

Irsyaad W - Jumat, 12 Juli 2024 | 14:00 WIB

Foto ilustrasi SPBU Pertamina. Ada bocoran kendaraan yang boleh isi Pertalite sebelum aturan pembatasan terbit. (Irsyaad W - )

GridOto.com - PT Pertamina Patra Niaga muncul jawab isu pembatasan Pertalite mulai 17 Agustus 2024.

Diketahui, pernyataan tanggal dimulainya pembatasan Pertalite ini dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Ia mengatakan, pemerintah mulai membatasi pembelian BBM pada 17 Agustus 2024.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah penyaluran subsidi kepada orang yang tidak berhak menerimanya.

Adapun aturannya ini sedang disiapkan oleh PT Pertamina (Persero).

"Dan juga pemberian subsidi yang tidak pada tempatnya. Itu Pertamina sekarang sedang menyiapkan. Kita berharap 17 Agustus kita sudah bisa mulai di mana orang yang tidak berhak mendapat subsidi akan bisa kita kurangi," ujar Luhut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, (9/7/24).

Mengenai pernyataan itu, Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari mengatakan, sebagai salah satu BUMN, Pertamina akan mengikuti arahan dari Pemerintah dalam penyaluran BBM subsidi.

Saat ini, pihaknya masih terus aktif dalam melakukan pendataan pengguna BBM subsidi agar dapat disalurkan tepat sasaran.

"Prinsipnya Pertamina Patra Niaga akan mengikuti regulasi atau peraturan yang ditetapkan Pemerintah. Paralel upaya-upaya subsidi tepat juga terus kami lakukan," ujarnya disitat dari Kompas.com, (11/7/24).

Pertamina melakukan pendataan pengguna BBM subsidi (Biosolar dan Pertalite) melalui QR code.