Parah, Uang Rp 100 Triliun Terbakar Habis Akibat Kondisi Jalanan Jakarta

Irsyaad W - Senin, 8 Juli 2024 | 10:00 WIB

Ilustrasi kemacetan di Jakarta (Irsyaad W - )

GridOto.com - Kondisi jalanan Jakarta kian parah dan memprihatinkan.

Bukan karena fisik, melainkan situasi lalu lintasnya yang macet.

Kanit Pengelola Sistem Jalan Berbayar Elektronik (SJBE) Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Zulkifli bahkan mengungkapkan, kemacetan di Jakarta mengakibatkan uang Rp 100 triliun terbakar habis.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, nilai kerugian itu berasal dari Rp 40 triliun biaya operasional kendaraan seperti bahan bakar minyak (BBM), oli dan sebagainya yang terbuang akibat kemacetan.

Kemudian Rp 60 triliunnya berasal dari kerugian atas waktu yang dihabiskan selama perjalanan akibat macet, polusi udara, hingga kesehatan warga Jakarta.

"Kerugian Rp 100 triliun dihitung biaya waktu perjalanan, kemudian ada kerugian polusi udara yang mengakibatkan kesehatan terganggu, dia sakit dan itu bisa dihitung, external cost itu akan dihitung. Itu total kerugian semua polusi udara, kesehatan, kemudian waktu tempuh," ujarnya dalam diskusi Instran di Jakarta, (4/7/24) melansir Kompas.com.

Pemprov DKI Jakarta mencatat, pada 2023 dari sekitar 21 juta orang yang melakukan perjalanan, hanya 18,86 persen yang menggunakan transportasi umum.

Padahal, sebanyak 87,5 persen penduduk Jakarta sudah bisa mengakses transportasi umum baik KRL, MRT, LRT, dan Transjakarta maupun yang feeder, mikrotrans, non-BRT.

"Pada jarak 500 meter dari asal perjalanan Dia sudah bisa mendapatkan atau dilayani oleh angkutan umum," kata dia.

Untuk itu, pihaknya berupaya meningkatkan penggunaan transportasi umum di Jakarta dengan meratakan penyediaan akses transportasi umum.