Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Jepang 2024

Pakai Mesin V4, Motor Yamaha YZR-M1 Bakal Berubah Total di MotoGP

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 12 Oktober 2024 | 17:00 WIB
Yamaha YZR-M1 bakalan pakai mesin V4
Yamaha MotoGP
Yamaha YZR-M1 bakalan pakai mesin V4

GridOto.com - Proyek ambisius mesin V4 Yamaha YZR-M1 sedang terus berjalan dan akan segera dites di atas lintasan MotoGP.

Yamaha berencana meninggalkan konsep mesin inline 4, yang selama ini memberikan kesuksesan besar buat mereka di era 4-tak MotoGP.

Namun jika nantinya akan beralih ke mesin V4, seperti sudah tidak ada jalan mundur lagi bagi Yamaha untuk kembali memikirkan konsep inline 4.

Bahkan Direktur Teknis Yamaha MotoGP, Massimo Bartolini, memastikan motor andalan Yamaha nantinya akan jauh berbeda dari sebelumnya.

Selain mesin, semua komponen dari depan hingga belakang akan berubah secara masif dan jauh berbeda dengan M1 yang sebelumnya dikenal dengan bentuknya yang agak 'chubby' ini.

Jadi M1 yang baru atau entah apakah nama tersebut akan tetap dipakai, bukan seperti memasang mesin V4 di tubuh M1 yang lama.

"Kalian harus paham bahwa ini bukan soal memasang mesin baru saja," kata insinyur asal Italia ini, dilansir GridOto.com dari Speedweek.

"Keputusan menggunakan mesin V4 artinya membangun sebuah motor MotoGP yang benar-benar baru," jelas pria yang didatangkan Yamaha dari Ducati ini.

Lagi pula, Bartolini juga memastikan bahwa tidak mungkin bisa memasang mesin baru di tubuh M1 yang lama dan kemudian mengetesnya.

Baca Juga: Disuruh Pecat Pembalap, Gresini Memilih Putus Kerja Sama QJMotor

Editor : Dida Argadea
Sumber : Speedweek.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Ini Sebabnya Ban Mobil Yang Diisi Angin Nitrogen Umurnya Bisa Awet

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa