Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Peluang Emas Buat Indonesia, Industri Komponen Otomotif dan Aftermarket Sedang Meroket

Irsyaad W - Senin, 7 Oktober 2024 | 17:15 WIB
Ilustrasi sparepart aftermarket.
Dok. eLangsung
Ilustrasi sparepart aftermarket.

GridOto.com - Industri komponen otomotif dan aftermarket dunia sedang meroket. Meliputi suku cadang, aksesoris dan jasa.

Berdasarkan data dari Alibaba.com, pasar komponen otomotif aftermarket global diperkirakan akan tumbuh dari USD400 miliar pada tahun 2023 menjadi USD550 miliar pada tahun 2028.

Melihat ini, artinya ada peluang emas bagi Indonesia untuk ikut meramaikan.

"Lonjakan ini didorong oleh kemajuan teknologi, bertambahnya usia kendaraan, berkembangnya preferensi konsumen serta pertumbuhan e-commerce," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita ketika membuka Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2024 di ICE BSD, (4/10/24) melansir siaran pers di laman resmi Kemenperin.go.id.

"Pasar e-commerce komponen otomotif global sendiri diperkirakan akan mencapai USD200 miliar pada tahun 2027, dengan pertumbuhan CAGR sebesar 14% dari tahun 2023 hingga 2027," jelasnya.

Industri otomotif di Indonesia kembali mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 2,5% sepanjang periode Januari hingga Agustus 2024.

Penjualan domestik kendaraan roda empat sebesar 560 ribu unit, dengan ekspornya sebesar 296 ribu unit dalam bentuk Completely Built Up (CBU) dan 30 ribu unit dalam bentuk Completely Knocked Down (CKD).

Baca Juga: BBM Rendah Sulfur Akan Diberlakukan, Kapan Waktu Pelaksanaannya?

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita
Istimewa
Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita

Artinya, industri alat angkut Indonesia tetap menunjukkan performa yang stabil dan berkontribusi penting terhadap pasar domestik maupun internasional.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Kerak Oli yang Menempel di Dalam Mesin Bisa Merusak? Ini Penjelasannya

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa