Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apakah Semua Jenis Mobil Bisa Daftar QR Code Pertalite?

Wisnu Andebar - Rabu, 4 September 2024 | 19:30 WIB
ilustrasi SPBU Pertamina
Dok.GridOto
ilustrasi SPBU Pertamina

GridOto.com - PT Pertamina Patra Niaga menyebutkan bahwa saat ini belum ada kriteria khusus bagi kendaraan roda empat yang ingin didaftarkan QR Code Pertalite.

Tujuan dari QR Code Pertalite ini adalah untuk melakukan pendataan, supaya BBM subsidi bisa tepat sasaran ketika nanti regulasi dari pemerintah terbit.

"Untuk saat ini dari sisi pendaftaran belum ada pembatasan. Jadi siapa pun boleh melakukan pendaftaran QR Code Pertalite," buka Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga saat GridOto.com temui di Kantor Pertamina Region III, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024).

Sebab, Pertamina yang bertindak sebagai operator masih menunggu peraturan terkait pembatasan BBM subsidi yang saat ini masih digodok oleh pemerintah.

"Jadi dari sisi kami (Pertamina) belum punya acuan nih karena aturannya belum turun, jadinya kami juga tidak membatasi siapa saja boleh mendaftar," terangnya.

Ia menjelaskan, pendaftaran QR Code Pertalite hanya berlaku untuk kendaraan roda empat, supaya penyaluran Pertalite tepat sasaran.

Jadi untuk pemilik kendaraan roda dua tidak perlu mendaftar dan bisa membeli Pertalite tanpa QR Code.

"Nanti ketika regulasinya sudah muncul, maka dari data pendaftar QR Code akan lebih mudah mengklasifikasi kendaraan yang boleh isi Pertalite," jelasnya.

"Misalnya dari data yang masuk itu ada kategori yang tidak berhak mendapatkan BBM Subsidi, maka kami akan infokan ke konsumennya," sambung Heppy.

Baca Juga: Ramai Dibahas, Ini yang Dimaksud QR Code Pertalite

Sekadar info, untuk mendaftar pemilik kendaraan roda empat akan diminta sejumlah data seperti KTP, STNK, foto diri, dan juga foto kendaraan.

Saat mendaftar bisa melalui website subsiditepat.mypertamina.id, sehingga tidak wajib men-download aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa