Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dipakai Paus Fransiskus, Segini Penjualan Innova Zenix Tiap Bulan

Wisnu Andebar - Rabu, 4 September 2024 | 12:15 WIB
Paus Fransiskus menggunakan Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia
Paus Fransiskus menggunakan Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia

GridOto.com - Dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus memilih Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan yang mengantarnya setelah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Tangerang, Selasa (3/9/2024).

Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut dijadwalkan melakukan kunjungan pada 4-5 September 2024 ke sejumlah lokasi di Jakarta.

Di antaranya Istana Negara, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Berbicara soal Kijang Innova Zenix Hybrid, mobil ini merupakan generasi terbaru dari Kijang Innova yang sudah hadir selama dua dekade.

Multi Purpose Vehicle (MPV) Medium yang sudah diproduksi lokal ini boleh dibilang sukses menarik minat konsumen Tanah Air.

Berdasarkan data yang dibagikan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), sepanjang Juli 2024 lalu Zenix Hybrid Electric Vehicle (HEV) terjual sebanyak 2.906 unit.

Adapun selama 2024 penjualan rival dari Wuling Cortez dan BYD M6 ini mencatat rata-rata penjualan 2.000 unit per bulan.

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kehadiran varian hybrid dari Kijang Innova Zenix merupakan wujud komitmen Toyota menghadirkan sarana mobilitas yang ramah lingkungan.

"Kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid juga merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk berpartisipasi aktif dalam upaya dekarbonisasi menuju Nett Zero Emission (NZE) pada 2060 yang sudah menjadi semangat global melalui strategi Multi-pathway," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima GridOto.com, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga: Catat Lokasinya, Ini 9 Titik Parkir Bus Saat Misa Paus Fransiskus di GBK

Selain Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah hadir, Toyota Indonesia juga tengah memulai studi untuk pengembangan lainnya.

Seperti penggunaan bioetanol untuk Kijang Innova Zenix Hybrid Flexy Fuel dan Kijang Innova yang menggunakan teknologi elektrifikasi berbasis Battery Electric Vehicle (BEV).

Sekadar info, Innova Zenix Hybrid mengandalkan mesin berkode M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc, empat silinder, Dual VVT-i.

Klaim tenaga yang dihasilkan mencapai 150 dk pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 111 dk dan torsi 206 Nm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan sebesar 183 dk pada sistem.

Adapun tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) melalui transmisi direct shift CVT (Continous Variable Transmission) 10 percepatan yang diklaim lebih efisien dan senyap ketika beroperasi.

Dari sisi fitur keselamatannya, MPV Medium ini telah dibekali Toyota Safety Sense (TSS 3.0).

Terdiri dari Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assis (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa