Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ramai Dibahas, Ini yang Dimaksud QR Code Pertamina

Wisnu Andebar - Rabu, 4 September 2024 | 07:30 WIB
Pertamina dorong pengguna mobil untuk daftar QR Code Pertalite
Pertamina dorong pengguna mobil untuk daftar QR Code Pertalite

GridOto.com - Belakangan ini ramai soal pendaftaran QR Code atau umum disebut Barcode Pertamina untuk pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite bagi pemilik kendaraan roda empat.

QR Code Pertamina merupakan langkah Pertamina sebagai operator untuk mendukung program subsidi tepat sasaran dari pemerintah sebagai regulator.

QR Code adalah barcode yang didapatkan setelah melakukan pendaftaran melauli aplikasi MyPertamina bagi konsumen yang berhak mendapatkan BBM jenis Pertalite 

Regulasi pemerintah yang mengatur terkait penerapan pembatasan BBM bersubsidi kabarnya akan keluar dalam waktu dekat.

Untuk itu, pengguna mobil saat ini diimbau untuk segera mendaftar QR Code, sebagai syarat untuk membeli Pertalite.

Hal ini diperlukan, untuk mengantisipasi jika nantinya pemerintah sudah menerapkan kebijakan tersebut.

Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga mengatakan, bahwa QR Code ini merupakan upaya untuk pendataan pengguna BBM bersubsidi.

"Selama ini kan belum terdata siapa saja yang pakai BBM subsidi ini khususnya Pertalite, siapa sih pemiliknya, berapa cc sih kendaraannya," ujarnya saat GridOto.com temui di Kantor Pertamina Region III, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024).

Berbeda dari BBM subsidi jenis Biosolar yang mana sudah menerapkan QR Code untuk setiap pembelian di SPBU.

"Kalau untuk yang Biosolar ini memang sudah ada pengaturan yang lebih detail ya, penerapannya sudah hampir mencapai 100 persen," papar Heppy.

Ia melanjutkan, QR Code untuk pembelian Pertalite saat ini baru sebatas pendaftaran sambil menunggu peraturan pasti dari pemerintah.

Baca Juga: Banyak Yang Belum Paham, Begini Cara Cepat Lolos Verifikasi Pendaftaran QR Code Pertamina

Artinya untuk sementara waktu belum ada larangan maupun pembatasan pembelian Pertalite di SPBU Pertamina, sampai regulasinya terbit.

"Implementasi bahwa kalau beli harus menunjukkan QR Code ini memang masih belum, karena pendaftaran masih terus bergulir dan itu pun belum mencapai seluruh wilayah Indonesia," terangnya.

Dengan adanya data seperti KTP, STNK saat melakukan pendaftaran QR Code melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/, Pertamina akan lebih mudah dalam mengklasifikasi kendaraan ketika aturannya sudah ketok palu.

"Jika pemerintah sudah mengatur siapa yang berhak mendapatkan BBM subsidi secara kriteria kendaraan, ataupun mungkin secara volume diatur, tentunya kami akan mengikuti aturan yang berlaku dan akan lebih akurat penyalurannya karena kami sudah pegang data kendaraannya dari QR Code itu," jelas Heppy.

Sebagai upaya mempercepat proses pendaftaran, petugas SPBU Pertamina juga akan menyarankan konsumen untuk segera mendaftar QR Code.

"Bahkan di beberapa titik SPBU juga membuka layanan untuk masyarakat agar bisa langsung daftar di SPBU tersebut dan langsung dibantu oleh petugas di sana agar mendapatkan QR Code," pungkasnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa