Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Pertalite Wajib QR Code Jalan Terus, Pendaftar Sudah Tembus Segini

Ferdian - Minggu, 1 September 2024 | 14:00 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Rudy Hansend/GridOto
Ilustrasi SPBU Pertamina

GridOto.com - Kabar dihapusnya Pertalite mulai 1 September 2024 dibantah Pertamina.

PT Pertamina Patra Niaga bahkan mengonfirmasi bahwa distribusi BBM jenis Pertalite akan terus dilakukan sesuai dengan penugasan dari Pemerintah.

"Masyarakat tidak perlu termakan berita hoax. Pertalite akan terus kami salurkan sesuai kuota yang ditetapkan Pemerintah," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari, dalam keterangan resmi (31/8/2024).

Pertamina Patra Niaga juga ikut mendukung upaya pemerintah dalam memastikan subsidi BBM tepat sasaran.

Salah satu langkah penting ini adalah pendataan pengguna BBM subsidi melalui sistem pendaftaran QR Code.

"Wilayah pendaftaran QR Code Pertalite dilakukan secara bertahap dan hanya khusus untuk kendaraan roda 4,” ucap Heppy. Menurutnya, pendaftaran QR Code Pertalite difokuskan di wilayah Jawa, Madura, Bali (JAMALI) dan sebagian wilayah non-Jamali yaitu Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu dan Kabupaten Timika.

“Diharapkan tahap 1 bisa tercapai 100 persen pada akhir September 2024. Sisanya akan dilakukan tahap kedua rencana paling cepat bulan Oktober-November 2024,” kata Heppy disitat dari Kompas.com.

Sebagai informasi, jumlah pendaftar yang terverifikasi dan telah mendapat QR Code saat ini mencapai 3,9 juta.

Sementara itu, dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar adalah foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

Untuk seluruh dokumen agar dipastikan terbaca dengan jelas dan dikirim dalam format foto (jpg).

Selain itu, agar memastikan foto yang diunggah jelas tidak pecah dengan resolusi tinggi agar memudahkan proses verifikasi.

“Bagi Masyarakat pengguna Pertalite yang belum melakukan pendaftaran, diharapkan segera melakukannya untuk memastikan akses subsidi BBM yang tepat sasaran,” ujar Heppy.

Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut terkait program subsidi tepat Pertalite masyarakat dapat mengunjungi website https://subsiditepat.mypertamina.id dan menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Baca Juga: Update Harga BBM Pertamina Besok Per 1 September 2024, Turun Harga

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Rush Berubah Bentuk Jumat Malam, Petaka Benda Besar Mendadak Ambruk

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa