Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebanyak Ini Listrik Terpakai Buat Charge Mobil Listrik dalam HUT ke-79 RI di IKN

Naufal Shafly - Minggu, 18 Agustus 2024 | 19:30 WIB
Ilustrasi mengisi di SPKLU PLN
Aries Aditya/GridOto.com
Ilustrasi mengisi di SPKLU PLN

GridOto.com - Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), PT PLN (Persero) mengklaim berhasil menyediakan pasokan listrik untuk electric vehicle (EV).

Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, perusahaan pelat merah tersebut menyiapkan 18 unit SPKLU yang tersebar di beberapa titik.

Adapun titik yang dimaksud adalah Stadion Batakan, Kantor Sekretariat Negara IKN, dan Gardu Hubung sementara.

Rinciannya, EV Charger tersebut terdiri dari 8 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 4 unit SPKLU Fast Charging, 3 SPKLU Medium Charging, dan 3 unit SPLU.

Lewat fasilitas tersebut, hingga 17 Agustus 2024 SPKLU di sekitaran IKN telah melayani lebih dari 340 transaksi charging, dengan total daya mencapai 6.568 kilowatt hour (kWh).

"Sejalan dengan konsep Forest City IKN yang 100 persen menggunakan ekosistem energi ramah lingkungan, PLN telah membangun infrastruktur pendukung kendaraan listrik," ucap Darmawan dalam keterangan resminya, Minggu (18/8/2024).

"Kami memastikan bahwa ini adalah transisi energi, bukan hanya dalam strategis high level tetapi juga operasional. Jadi, nanti ke depannya semua mobil yang ada di IKN ini adalah mobil yang berbasis pada energi bersih listrik," sambungnya.

Darmawan menjelaskan, oerasional SPKLU tersebut didukung dengan aplikasi PLN Mobile, sehingga seluruh layanan bisa dilakukan secara digital.

"Seluruh transaksi SPKLU dilakukan secara digital dan real time melalui menu Electric Vehicle pada SuperApp PLN Mobile, sehingga semuanya bisa terkoordinasi dan terpantau secara baik," ujarnya.

Baca Juga: Tukang Parkir Liar Senyum Lebar Dengar PLN Ubah 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU

Ia juga menjelaskan, listrik yang digunakan untuk menyuplai IKN 100 persen bersumber dari energi baru terbarukan (EBT).

Hal ini dikarenakan IKN telah disuplai dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN, dengan berkapasitas 10 Megawatt (MW).

Sehingga, baik dari sisi hulu sampai dengan hilir menggunakan energi bersih.

"Listriknya adalah listrik hijau dengan teknologi yang sangat canggih sesuai dengan konsep green, smart, dan beautiful.

"Kami juga memberikan suatu pelayanan di mana kendaraan listrik bisa beroperasi dengan lancar. Maka, ini adalah suatu sistem kelistrikan yang betul-betul berorientasi pada masa depan," imbuhnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Beli Motor STNK Only Menggiurkan, Tapi Hanya Tunggu Waktu Bakal Temui Risiko Fatal Ini

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa