Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Era Mobil Listrik Dimulai, Ini Curhatan Pengusaha Bengkel Konvensional

Naufal Shafly - Sabtu, 17 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Ilustrasi bengkel Honda Clinic Pradana di Depok, Jawa Barat
Harun/GridOto.com
Ilustrasi bengkel Honda Clinic Pradana di Depok, Jawa Barat

 

GridOto.com - Kendaraan listrik merupakan salah satu fenomena atau tren yang relatif baru di industri otomotif Indonesia.

Karena relatif baru, era kendaraan listrik ini menimbulkan berbagai tantangan bagi pengusaha bengkel konvensional, yang merupakan bagian dari industri otomotif Tanah Air.

Dari sudut pandang pegusaha bengkel konvensional, Tri Pranoto, Onwer Bengkel Honda Clinic Pradana menyebut ada beberapa faktor yang menjadi tantangannya untuk memasuki era kendaraan listrik.

"Kalau kami sih cenderung ke peralatan penunjang. Karena kendaraan listrik pastinya membutuhkan alat khusus yang berbeda dari kendaraan konvensional, misalnya saja scanner," ucap Tri saat dihubungi GridOto.com melalui sambungan telepon, Kamis (15/8/2024).

Ia menambahkan, mayoritas kendaraan listrik sudah menggunakan sitem komputerisasi sehingga bengkel sangat memerlukan alat scanner untuk mendiagnosa permasalahan yang ada pada mobil tersebut.

Di satu sisi, pembelian alat tersebut membutuhkan dana sehingga bengkel harus melakukan investasi tambahan.

Selain alat penunjang, pria asal Wonogiri, Jawa Tengah ini mengatakan tantangan lainnya adalah pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) di bengkel.

Mekanik bengkel saat ini belum terlalu familiar menangani permasalahan di kendaraan listrik, terlebih pada komponen khusus seperti motor penggerak, controller, dan baterai.

Guna menyikapi permasalahan ini, Tri mengaku telah mempelajari sistem kerja dan komponen-komponen mobil listrik secara otodidak.

Baca Juga: Pabrikan Harus Kerja Keras, Lebih dari Setengah Masyarakat Indonesia Belum Minat Kendaraan Listrik

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Ditawarkan Seharga Rp 190 Juta, Wuling Air ev Lite Long Range Diklaim Bisa Capai 300 Kilometer

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa