Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Dicap Jelek, Debt Collector Wajib Paham Etika dan Regulasi Penagihan

Ferdian - Jumat, 16 Agustus 2024 | 20:30 WIB
Ilustrasi Debt Collector
Istimewa
Ilustrasi Debt Collector

GridOto.com - Bukan rahasia lagi kalau sejumlah perusahaan pembiayaan (leasing) sering menggandeng pihak ketiga Debt Collector untuk mengatasi konsumen yang bermasalah dalam membayar cicilan.

Cara ini mungkin efektif bagi perusahaan pembiayaan, namun untuk konsumen bisa bikin rugi dari beberapa sisi.

Seperti diketahui, Debt Collector adalah individu yang ditunjuk perusahaan untuk mengumpulkan pembayaran utang dari debitur yang belum melunasi kewajibannya.

Peran mereka sangat penting dalam industri pembiayaan, namun sering kali menimbulkan kontroversi terkait etika dan prosedur penagihan.

Oleh sebab itu, proses penagihan kredit bermasalah harus sesuai dengan regulasi dan mengedepankan perlindungan konsumen.

“Dalam mengelola kredit macet, proses penagihan dilakukan sebagai upaya mencegah agar tidak terjadinya peningkatan kredit bermasalah,” ujar Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan dikutip dari Kompas.com (15/8/2024).

“Namun, akibat dari stigma negatif itu sendiri menyebabkan timbulnya keterbatasan bagi perusahaan pembiayaan dalam beroperasional, sehingga hal ini dapat berdampak terhadap kesehatan industri pembiayaan itu sendiri secara umum,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Bantuan Hukum Divisi Hukum Polri, Brigjen Veris Septiansyah menekankan betapa pentingnya bagi para pelaku profesi penagihan untuk mengikuti prosedur yang benar.

“Seringkali ditemukan adanya tindakan prosedur penagihan yang menggunakan kekerasan fisik ataupun dengan tindakan premanisme, sehingga hal inilah yang menyebabkan timbulnya sudut pandang negatif terkait dengan prosedur penagihan,” ucap Veris.

Ia menegaskan bahwa tindakan semacam itu tidak hanya melanggar hukum tetapi juga merusak citra profesi penagih hutang.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa