Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Kastanya, Ini Maksud Spare Part OEM, OES, Aftermarket, dan KW

Wisnu Andebar - Kamis, 15 Agustus 2024 | 07:17 WIB
Deretan spareparts T-OPT
Naufal/GridOto.com
Deretan spareparts T-OPT

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini meluncurkan suku cadang dengan brand baru yang diberi nama T-OPT.

T-OPT dihadirkan sebagai pilihan konsumen di Indonesia yang membutuhkan suku cadang resmi Toyota namun dengan harga lebih terjangkau.

Philardi Ogi, Public Relations Manager TAM mengatakan, T-OPT memang disiapkan sebagai alternatif bagi customer yang mencari opsi part setelah menyelesaikan program T-Care.

"Oleh karena itu, lebih tepat jika disebut kalau T-OPT ini berada di level yang sama dengan part aftermarket ya. Sehingga jika dibandingkan dengan produk-produk serupa, T-OPT bisa memberikan harga serta kualitas yang kompetitif," ujar Ogi kepada GridOto.com, Rabu (14/8/2024).

Berbicara soal suku cadang kendaraan, di pasaran banyak istilah seperti aftermarket yang tadi disebutkan, lalu ada juga OEM, OES, dan KW.

Istilah tersebut bisa dibilang menggambarkan kelas atau kualitas suku cadang yang akan digunakan di kendaraan.

Berikut akan GridOto.com bahas terkait perbedaan dari istilah-istilah tersebut.

Untuk spare part OEM alias Original Equipment Manufacturer, merupakan suku cadang asli yang diproduksi oleh pabrikan otomotif atau perusahaan rekanan dengan standar yang sudah ditetapkan.

Spare part OEM biasanya tidak dijual umum, melainkan komponen yang sudah terpasang di kendaraan saat baru keluar pabrik. 

Baca Juga: Kenalin T-OPT, Opsi Sparepart Murah yang Kualitasnya Dijamin Standar Toyota

komponen OEM yang sudah terpasang di kendaraan memiliki kualitas baik karena berkaitan dengan garansi dan performa.

Sedangkan Original Equipment Supplier (OES) sebenarnya hampir mirip dengan OEM, juga diproduksi oleh pabrikan otomotif atau perusahaan rekanan.

Bedanya, komponen OES dijual di bengkel resmi atau bisa disebut genuine part yang mengacu pada spesifikasi dan standar dari masing-masing pabrikan.

Sedangkan untuk part aftermarket hadir sebagai brand atau merek yang menawarkan suku cadang atau opsi selain orisinalnya.

Secara kualitas dan harga, merek aftermarket cukup kompetitif karena juga punya standar atau lisensi tersendiri dari manufaktur asalnya.

Bahkan tidak sedikit part aftermarket yang dijual dengan banderol lebih mahal dibanding part orisinal karena menawarkan kualitas lebih bagus.

Sementara part KW merupakan barang palsu yang dibuat mirip dengan aslinya.

Part KW secara kualitas jauh di bawah standar karena tidak memiliki lisensi khusus.

Komponen KW di pasaran punya banyak istilah mulai dari replika, tiruan, imitasi, dan lainnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Daftar Gerbang Tol BSD Yang Mengalami Kenaikan Tarif, Golongan I Bayar Segini

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa