Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jumlah Pembalap MotoGP Paten, Ini Skenario Kalau BMW Mau Ikutan

Ferdian - Selasa, 13 Agustus 2024 | 18:30 WIB
Ilustrasi poembalap MotoGP
MotoGP.com
Ilustrasi poembalap MotoGP

GridOto.com - CEO Dorna Sport, Carlos Ezpeleta, mengungkapkan kalau MotoGP tak ada rencana menambah tim atau pabrikan baru.

Jadi semisal BMW ingin bergabung harus mencari tim yang sudah ada.

Diketahui cabutnya Suzuki secara tiba-tiba pada akhir tahun 2022 menurunkan jumlah grid dari 24 jadi 22 pembalap.

Meski awalnya ada ketertarikan untuk mengambil alih slot grid untuk proyek Independen lainnya seperti tim satelit, namun jelas bahwa penempatan grid Suzuki hanya dapat diwarisi oleh pabrikan keenam.

Namun, Ezpeleta tegas mengatakan kepada Speedweek.com kalau kursi eks Suzuki tak akan disediakan untuk proyek baru dan MotoGP akan tetap dengan 22 pembalap.

“Pada akhirnya, yang penting bagi kami adalah kualitas sebelas tim,” kata Ezpeleta.

“Apakah mereka berasal dari lima atau enam pabrikan adalah perkara lain. Namun sudah jelas bahwa prioritas kami saat ini adalah lima pabrikan.

“Itu tidak berarti bahwa kami ingin mencegah masuknya pabrikan keenam - tetapi itu berarti pabrikan lain harus bekerja sama dengan salah satu dari sebelas tim.

Sebelas tim - 22 pembalap, itu sudah pasti.

Kata-kata tersebut berarti BMW, yang saat ini memimpin kejuaraan WorldSBK bersama Toprak Razgatlioglu dan dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk masuk ke MotoGP, perlu bergabung dengan salah satu dari enam tim Independen seperti yang dilakukan Aprilia sebelumnya dengan Gresini.

Keuntungan dari kemitraan Pabrik-Independen adalah pabrikan baru mendapatkan akses instan ke tim MotoGP yang berfungsi penuh, daripada harus membangun tim balap dari awal.

Dilansir dari Crash.net, skenario yang lebih kecil kemungkinannya adalah kepergian pabrikan lain, sehingga BMW dapat turun tangan dan memiliki tempat jaringannya sendiri.

Pergantian aturan teknis tahun 2027, termasuk mesin lebih kecil 850 cc, juga jadi momen paling logis bagi pabrikan baru untuk masuk ke kelas premier.

Baca Juga: Dorna Sports Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Pembalap MotoGP, Begini Caranya

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa