Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Demi Niat Jokowi di IKN, Hampir 100 Unit Bus Fossil Asal Jawa Dikapalkan ke Kalimantan

Irsyaad W - Selasa, 13 Agustus 2024 | 10:30 WIB
Ramp Check 36 unit bus Pariwisata di terminal Titonadi, Solo yang akan diberangkatkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan
Fristin Intan Sulityowati/Kompas.com
Ramp Check 36 unit bus Pariwisata di terminal Titonadi, Solo yang akan diberangkatkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan

GridOto.com - Presiden Joko Widodo berniat menggelar upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Terkait ini, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat mendukung acara dengan mengapalkan hampir 100 unit bus asal Surabaya ke Kalimantan.

Bus dikirim secara bertahap dari Tanjung Perak, Surabaya Jawa Timur menuju ke Semayang, Balikpapan Kalimantan Timur sejak (8/8/24) kemarin.

"Kami mengecek kesiapan moda transportasi yang akan digunakan saat nanti peringatan upacara 17 Agustus 2024 di IKN,” ujar Dirjen Perhubungan Darat, Risyapudin Nursin dari siaran resminya, (8/8/24) menukil Kompas.com.

"Pada momen ini, Ditjen Hubdat turut serta mendukung dengan penyediaan 97 bus Fossil (mesin diesel) yang rencananya akan beroperasi dari tanggal 10 sampai 18 Agustus 2024," kata dia.

Ia menambahkan, dukungan tersebut sudah termasuk pengemudi, bahan bakar dan pelaksanaan rampcheck.

Nantinya bus ini akan melayani tamu undangan umum di luar dari tamu VVIP dan beroperasi dengan sistem shuttle di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN serta sebagai angkutan antar jemput bandara menuju hotel.

Pada kesempatan tersebut, Risyapudin turut meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan dijadikan titik kumpul armada bus di antaranya Gedung Kesenian Balikpapan, Stadion Batakan Balikpapan, serta titik lokasi di wilayah Penajam Paser Utara.

Bus pariwisata asal Surabaya, Jawa Timur dikirim ke IKN untuk upacara peringatakan ke-79 kemerdekaan RI
Dok. DAMRI
Bus pariwisata asal Surabaya, Jawa Timur dikirim ke IKN untuk upacara peringatakan ke-79 kemerdekaan RI

"Nanti akan dilakukan suatu pengaturan, jadwal keberangkatan di setiap titik agar tidak terjadi penumpukan pada area drop off sumbu kebangsaan," terang Risyapudin.

"Kita juga memerlukan kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholders," ucap Risyapudin.

Untuk pengaturan lalu lintas dan parkir bus akan dikoordinasikan dan berkolaborasi dengan Polda Kalimantan Timur, Dinas Perhubungan Provinsi/Kabupaten/Kota terkait, dan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Timur.

"Semoga semuanya sukses dan berjalan lancar dari semua moda transportasi yang sudah dicek hari ini dan harapannya tanggal 10 Agustus nanti bisa dilaksanakan gladi bersih sesuai dengan harapan," ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Bus Pariwisata Asal Solo Bakal Dikirim ke Kalimantan, Tujuan ke Proyek Kebanggaan Jokowi

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa