Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Toyota Jadi Lebih Canggih, Ada Fitur Telematika Baru yang Serba Bisa

Naufal Shafly - Rabu, 24 Juli 2024 | 15:45 WIB
Teknologi telematika baru Toyota.
Dok. TAM
Teknologi telematika baru Toyota.

GridOto.com - Dalam keikutsertaannya di ajang GIIAS 2024, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan teknologi telematika baru yang diberi nama 1connect, Selasa (23/7/2024).

Lewat teknologi anyar tersebut, pengguna bisa mengakses segala informasi melalui head unit pada mobil mereka.

Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih di dalam dua kategori, pertama Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui T Intouch pada aplikasi mToyota.

Kedua, in-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment di dalam mobil.

Nantinya, teknologi dengan konsep In-car Wi-Fi Hotspot tersebut akan disematkan ke beberapa mobil Toyota secara bertahap sampai 2025.

"Sejak beberapa tahun yang lalu kami meluncurkan T-intouch. Mungkin generasi pertama yang 1.0. Jadi ini kami meluncurkan yang 2.0. Walaupun belum disematkan di mobil manapun tapi kedepannya dan tahun ini akan kami sematkan di mobil kami," ucap Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy, Selasa (23/7/2024).

Anton menambahkan, teknologi telematika ini akan memberikan banyak fitur baru yang memudahkan pengguna.

"Kita lihat sekarang banyak tren mendapatkan entertainment lebih di mobil. Tidak hanya sekadar layar besar, Apple Car Play, atau Android Auto, tapi ingin mendapatkan hal-hal yang lain," jelasnya.

"Contohnya head unit baru ini kami berikan fitur yang bisa mengirimkan pesan juga. Jadi komunikasi dua arah," lanjutnya.

Baca Juga: Kenalin T-OPT, Opsi Sparepart Murah yang Kualitasnya Dijamin Standar Toyota

Pada fitur In-Car Connectivity, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit mereka.

Fitur ini sangat berguna dalam situasi darurat, misal mobil mogok atau kecelakaan.

Penggenuna tinggal menekan tombol khusus di head unit mobil mereka, nantinya akan langsung terhubung dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.

Selain head unit, Wi-Fi Hotspot yang tersedia juga dapat diakses oleh Rear Seat Entertainment (RSE) untuk penumpang belakang, sehingga dapat memanfaatkan fitur-fitur entertainment dan productivity.

Toyota 1connect experience.
Dok. TAM
Toyota 1connect experience.

Sambil menikmati perjalanan, pelanggan tetap dapat terhubung dan terjaga produktivitasnya karena dapat memanfaatkan fitur online meeting seperti Zoom dan Teams.

Toyota berharap connectivity services ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada customer di manapun berada karena selalu terhubung d.engan dunia luar via jaringan internet.

Berikutnya, fitur Improvement pada Out-of-Car Connectivity, pelanggan Toyota dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi mToyota jika mobilnya hilang atau dicuri orang.

Saat fitur ini aktif dan setelah diverifikasi oleh Telematics Customer Care, secara otomatis sistem akan menonaktifkan mobil pelanggan saat starter selanjutnya, sehingga mobil tidak bisa dinyalakan.

Tak cuma itu, Toyota juga berencana untuk memperkaya informasi mengenai kondisi kesehatan mobil melalui konsep fitur Vehicle Health Check melalui aplikasi mToyota.

Di dalam menu Vehicle Info pada mToyota, Toyota memberikan informasi aktual terkait kondisi komponen penting kendaraan seperti airbags, rem, power steering, dan tekanan udara ban.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa