Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Mau Tambal Gigi Berlubang? Simak Dulu Perbedaan Tambal Gigi Permanen dan Sementara

Content Marketing ADV - Selasa, 16 Juli 2024 | 20:22 WIB
Ilustrasi tambal gigi
DOK. Shutterstock
Ilustrasi tambal gigi

 

GridOto.com - Merawat kesehatan gigi perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan area mulut. 

Selain rajin menyikat gigi atau melakukan pembersihan karang gigi (scaling), menambal gigi berlubang juga penting dilakukan agar terhindar dari abses, bau mulut, hingga pembengkakan pada area gusi dan kerusakan gigi.

Sesuai namanya, tambal gigi adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter gigi di klinik gigi terdekat untuk menutup lubang atau retak pada gigi.

Prosedur ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi normal gigi, sekaligus mencegah kondisi lubang atau retak menjadi lebih parah. 

Metode tambal gigi terdiri dari dua jenis, yaitu tambal gigi permanen dan tambal gigi sementara. Lantas, saja perbedaan kedua jenis tambal gigi ini?

Tambal gigi permanen

Tambal gigi permanen dirancang untuk dapat bertahan lama di dalam mulut. Tambalan biasanya menggunakan bahan yang kuat dan tahan lama seperti resin komposit, amalgam, atau porselen.

Umumnya, bahan yang paling banyak digunakan adalah resin komposit karena warnanya yang menyerupai warna gigi alami, sehingga hasilnya terlihat lebih estetis.

Keunggulan utama dari tambal gigi permanen adalah daya tahannya. Bahan yang digunakan dapat bertahan selama bertahun-tahun, bahkan hingga lebih dari 10 tahun  jika dirawat dengan baik.

Tambalan permanen ini juga mampu menahan tekanan dari aktivitas sehari-hari seperti mengunyah dan menggigit, sehingga cocok untuk tambalan pada gigi geraham yang sering digunakan untuk mengunyah makanan.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

REKOMENDASI HARI INI

Bisa Ditiru, Ini Panduan Upgrade CVT Yamaha Mio Dari Bengkel Spesialis

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa