Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Resmi Pabrik Vinfast Hadir di Subang, Segini Target Unit Pertahun

M. Adam Samudra - Senin, 15 Juli 2024 | 14:30 WIB
Groundbreaking Ceremony PT Vinfast
Adam Samudra
Groundbreaking Ceremony PT Vinfast

GridOto.com - Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast hari ini meresmikan pabrik di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

Nantinya pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi hingga 50.000 unit mobil listrik per tahun.

"Jadi kami akan menargetkan kapasitas produksi 50.000 unit per tahun," kata CEO VinFast Indonesia Temmy Wiradjaja, Senin (15/7/2024).

Menurutnya, perusahaan dapat berkontribusi terhadap target elektrifikasi Indonesia, yaitu 600.000 unit mobil listrik dan 1,2 juta motor listrik di 2030 mendatang.

Ia mengatakan, strategi VinFast untuk memanfaatkan pabrik lokal guna meningkatkan kepercayaan konsumen dan insentif pemerintah untuk kendaraan listrik juga dianggap sebagai langkah yang tepat.

Terlebih ia menambahkan bahwa VinFast perlu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik konsumen dalam negeri.

Sebelumnya, disampaikan bahwa VinFast akan berinvestasi 1,2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 18,7 triliun di Indonesia yang dipakai mendukung pembentukan ekosistem kendaraan listrik nasional.

VinFast menjadwalkan pabrik ini mulai beroperasi pada Kuartal 4 tahun 2025 dan akan memproduksi model e-SUV versi kemudi kanan, termasuk seri VF 3, VF 5, VF 6, dan VF 7 untuk pasar Indonesia.

Nantinya pabrik ini juga akan mencakup beberapa area produksi utama seperti Body Shop, General Assembly Shop, Paint Shop dan area pengujian, dan lain-lain.

Baca Juga: Sistem Hitung Unik, Segini Biaya Langganan Baterai Mobil Listrik VinFast VF e34

Sementara itu, proyek ini diperkirakan akan menyerap ribuan lapangan kerja lokal, meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat lokal.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai proyek ini juga siap memberikan dampak besar dalam mendorong transportasi ramah lingkungan di Indonesia.

"Kehadiran VinFast tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, tetapi juga akan membuka peluang kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," katanya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

Inilah Penyebab RPM di Mobil Bekas Daihatsu Xenia Naik Turun

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa