Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Niat Ngirit Bensin, Ini Bahaya Mobil yang Doyan Mengekor Bus

Ferdian - Jumat, 5 Juli 2024 | 19:30 WIB
Mobil mencoba mengekor bus demi ngirit bensin. Sopir ingatkan bahayanya
Instagram.com/danielchtarigan
Mobil mencoba mengekor bus demi ngirit bensin. Sopir ingatkan bahayanya

Gridoto.com - Baru-baru ini viral video pengemudi mobil mengekor bus karena bensin menipis.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @danielchtarigan, pengemudi terpaksa melakukan itu karena takut bensin mobilnya tidak cukup padahal tujuannya masih jauh.

"Nah pernah dengar klo kita ngekor di belakang bus, maka dorongan angin ke mobil akan berkurang karena body bus yg besar bisa mengurangi dorongan angin utk kendaraan kita di belakangnya,"

"Dan ternyata benar selisih antara sisa KM bensin dan sisa KM perjalanan yg tadinya hampir 20KM, turun jadi sisa 5KM. Artinya pemakaian bensin lebih efisien daripada sebelum mengekor bus ini," katanya dikutip dari Kompas.com (5/7/2024).

"Sepanjang ngekor saya berusaha jaga jarak dan memastikan roda bus masih terlihat oleh saya agar tidak terlalu mepet. Cuma ya kadang2 busnya ngerem, jadi harus ngerem jg dan jarak jadi mepet. Tapi dijaga lagi supaya gak terlalu dekat,"

"Kecepatan antara 80-100 km/h sebelum akhirnya saya berhenti mengekor ketika selisihnya sudah sisa 5KM. Karena mengekor butuh konsentrasi super tinggi. Dan ini hanya percobaan apakah benar mengekor bus lebih irit bensin. Dan kesimpulannya, benar," tulisnya.

"Ini hanya percobaan. Dan kebetulan bus di depan gw driving behaviornya smooth. Tidak suka rem2 dan pindah2 jalur. Jadi gw memutuskan mengekor bus tersebut," katanya.

Diketahui pengemudi mengekor bus selama kurang lebih 30 Km atau 20 menitan.

Menurut pengakuan pengemudi mobil memang lebih irit di mana sisa Km perjalanan yang tadinya hampir 20 Km turun jadi sisa 5 Km.

Terlepas dari irit atau tidak, mengekor bus malam sangat berbahaya sebab ruang pandang pengemudi mobil terbatas.

Editor : Panji Nugraha

Banyak yang Tanya, Segini Panjang Sobreker Belakang Yamaha NMAX TURBO dan Neo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa