Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suspensi Berubah, NMAX Turbo dan Neo Jadi Lebih Nyaman? Begini Faktanya

Dimas Pradopo - Rabu, 3 Juli 2024 | 14:08 WIB
Test Ride Yamaha NMAX handling dan suspensi berbeda, feelingnya sedikit berbeda
Test Ride Yamaha NMAX handling dan suspensi berbeda, feelingnya sedikit berbeda

GridOto.com - Perubahan yang dilakukan oleh Yamaha pada NMAX terbaru versi 2024 memang bukan hanya desain, fitur dan performa mesin. Tapi suspensi dan rangka NMAX Turbo dan Neo juga disempurnakan.

Tentunya berdasarkan keluhan yang sering diutarakan pemilik NMAX generasi kedua yang rilis 2019 sampai 2024 ini. Seperti apa rasanya? Langsung kita coba riding di sirkuit Sentul karting, Bogor.

Pertama, kita lihat dulu perubahan di suspensi depannya, seperti kita tahu, yang sering dikeluhkan adalah suspensi depan yang mudah mentok.

Solusinya, Yamaha melakukan perubahan spring rate K2 atau bagian ulir yang renggang dari 15 N/mm menjadi 19 N/mm. Dibuat sedikit lebih keras agar tidak mudah habis travel suspensinya.

Suspensi depan Yamaha NMAX Turbo dan Neo, terasa lebih nyaman
Suspensi depan Yamaha NMAX Turbo dan Neo, terasa lebih nyaman

Selanjutnya yang juga berubah adalah oil level, dari 77,5 mm jadi 77 mm. Sementara oil quantity masih sama 89 cc dengan spesifikasi kekentalan 10W.

“Juga ada penambahan oil lock seperti di suspensi upside down, biar enggak mudah jedug,” terang Ferry Nurul Fajar selaku Technical & Education YIMM.

Sehingga meski jarak main suspensi tetap 100 mm, diklaim jadi tidak mudah jedug seperti yang biasa dirasakan di NMAX 2019.

Namun karena pengetesan baru dilakukan di sirkuit, yang kebetulan kondisi aspalnya relatif mulus, meski ada sedikit keriting di beberapa tikungan, belum bisa merasakan apakah masih mudah mentok atau tidak seperti misal ketemu polisi tidur atau lubang yang dalam.

Editor : Dimas Pradopo

Citroen C3 Aircross Termurah Boleh Tampil Simpel, Mesin Tetap Turbo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa