Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Baterai Produksi Lokal, Berapa TKDN Hyundai Kona Electric?

Wisnu Andebar - Rabu, 3 Juli 2024 | 14:06 WIB
Hyundai All New Kona Electric saat diperkenalkan di IIMS 2024
Aditya Pradifta/GridOto.com
Hyundai All New Kona Electric saat diperkenalkan di IIMS 2024

GridOto.com - All New Kona Electric menjadi mobil listrik pertama dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang menggunakan baterai produksi lokal.

Baterai tersebut diproduksi di pabrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat, yang secara keseluruhan bahan bakunya berasal dari dalam negeri.

Penggunaan baterai yang diproduksi di Tanah Air, secara otomatis membuat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)
All New Kona Electric meningkat.

"Penggunaan baterai LG produksi dalam negeri pada Kona Electric yang awalnya TKDN 40 persen naik jauh lebih tinggi menjadi 80 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat peresmian pabrik HLI Green Power di Karawang, Rabu (3/7/2024).

"Ini merupakan langkah awal untuk mendorong nilai tambah dari industri dalam negeri," tambahnya.

Pabrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat,
Wisnu/GridOto.com
Pabrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat,


Meski belum resmi diluncurkan, HMID telah membuka keran pemesanan untuk Kona Electric terbaru dengan baterai produksi lokal.

Untuk 500 pemesan pertama, HMID akan memberikan layanan gratis isi ulang baterai (free charging) selama satu tahun dalam bentuk e-wallet senilai Rp 5 juta yang bisa digunakan untuk mengisi daya kendaraan di rumah maupun di stasiun pengisian daya umum.

Mobil listrik dengan banderol mulai Rp 500 jutaan ini hadir dengan teknologi all-electric range (AER) dengan klaim jarak tempuh lebih dari 600 km untuk sekali pengisian daya.

Hyundai Kona Electric tersedia dalam empat varian, yaitu Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, dan Prime Standard Range.

Sementara pilihan warnanya tersedia Optic White Matte, Creamy White Pearl, Creamy White Pearl Two-tone, Titan Grey Metallic, Magnetic Silver Metallic, Magnetic Silver Metallic Two-tone, Dragon Red Pearl, Dragon Red Pearl Two-tone, dan Midnight Black Pearl. 

Baca Juga: Hyundai Resmi Buka Pre-booking All-New KONA Electric, Harga Mulai 500 Jutaan

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa