Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Listrik

Siap-siap Balap Motor Listrik Bakal Digelar Tahun Ini Sebanyak 3 Seri di Sentul Kecil

Aries Aditya Putra - Jumat, 21 Juni 2024 | 16:00 WIB
Balap motor listrik konversi
Rianto P/GridOto.com
Balap motor listrik konversi

GridOto.com - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) bakal menggelar balap khusus motor listrik bertajuk EV Race 2024.

Rencananya tahun 2024 ini balap khusus motor listrik ini bakal digelar sebanyak 3 seri (Agustus, September dan Oktober) di Sirkuit Sentul Karting atau yang lebih dikenal Sentul Kecil.

"Kami dari Kementrian ESDM menyampaikan apresiasi, apalagi ide ini murni dari pelaku usaha, kami dari pemerintah tentu mendukung apalagi ini pertama kali di Indonesia," ujar Sripeni Inten Cahyani, Tenaga Ahli Menteri ESDM.

Ketua AISMOLI, Budi Setyadi juga menyebut kalau EV Race ini sebagai ajang pembuktian.

"Kan sekarang ini banyak masyarakat bertanya, motor listrik kalau nanjak gimana, kalau jarak jauh gimana. Jadi pembuktiannya tidak harus kalau nanjak kuat, tapi bisa juga melalui balap motor listrik endurance selama 2 jam nanti akan terjawab," paparnya kepada GridOto.

Motor listrik konversi dari basis Honda Vario Fi
Rianto P/GridOto.com
Motor listrik konversi dari basis Honda Vario Fi

Baca Juga: Diubah Jadi Motor Listrik, Segini Jarak Tempuh Honda BeAT Bertenaga Baterai

Adapun kelas yang diperlombakan rencananya akan ada 5 kelas, yakni bebek 2 kW, scooter 2 kW, bebek 3 kW, scooter 3 kW dan kelas 5 kW.

Untuk perlombaan ini, peserta motor listrik konversi dibebaskan dalam hal pemilihan motor listrik, ingin menggunakan hub drive, mid drive atau side drive.

Lalu untuk controller juga dibebaskan mereknya, asalkan telah terserifikasi IP67 dengan pertimbangan balapan digelar dalam kondisi hujan.

Begitupun dengan baterai, bebas gunakan baterai apapun asalkan melampirkan dokumen UN38.3/UNR 136 untuk aspek safety saat motor terjatuh.

Wah sepertinya menarik nih buat ajang riset baru.

Kemarin Dibuang, Sekarang Pembalap ini Jadi Rebutan di MotoGP

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa