Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penerapan MLFF, Hutama Karya Uji Coba di JORR dan Tanjung Priok

Hendra - Rabu, 5 Juni 2024 | 07:05 WIB
Ilustrasi Ilustrasi : Hutama karya akan uji coba MLFF pada jalur JORR Seksi S dan Akses Tanjung Priok
Otomotifnet.com
Ilustrasi Ilustrasi : Hutama karya akan uji coba MLFF pada jalur JORR Seksi S dan Akses Tanjung Priok

GridOto.com- Terkait penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF), Hutama Karya akan mengujicoba inovasi ini pada Tol JORR Seksi S dan Tol Akses Tanjung Priok. 

Executive Vice Presiden Corporate (EVP) Secretary Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan hal tersebut.

"Namun, sebelum penerapan MLFF, akan dilakukan uji coba tahap awal dengan menerapkan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) terlebih dahulu di lokasi tersebut," tegas Adjib. 

Pihaknya berkomitmen mengikuti proses tahapan dari Kementerian PUPR sebagai penggagas, termasuk terkait pemasangan alat yang dilakukan.

Menurut Adjib, persiapan yang dilakukan oleh Hutama Karya terkait penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) yaitu salah satunya dengan sosialisasi dan edukasi bertahap kepada pengguna jalan tol.

"Apa manfaat dan cara penggunaan sistem ini, serta menyiapkan layanan bantuan agar setiap masalah dapat segera ditangani oleh petugas di lapangan mengingat sistem ini merupakan hal yang baru bagi pengguna jalan tol," ungkapnya. 

Sebelumya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol mewajibkan pemilik kendaraan memiliki aplikasi Cantas. 

Dalam Pasal 105 ayat (2) mengatur pengguna jalan tol wajib mendaftarkan kendaraan bermotor yang digunakan melalui aplikasi sistem teknologi nontunai nirsentuh nirhenti yang disetujui. 

Basuki Hadimujono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengungkapkan untuk tahap awal penerapan aplikasi non tunai nirsentuh ini akan diberlakukan di tol di Pulau Jawa dan Bali. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Sistem Pembayaran MLFF Tidak Realistis Diterapkan di Indonesia Tahun Ini

 "Nanti akan diberlakukan untuk semua Tol," katanya. 

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa