Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Simak! Begini Panduan Berkendara yang Aman dan Nyaman di Jalan Tol

Content Marketing - Senin, 3 Juni 2024 | 11:26 WIB
Berkendara di jalan tol bebas khawatir dengan proteksi asuransi Garda Oto
DOK. Garda Oto
Berkendara di jalan tol bebas khawatir dengan proteksi asuransi Garda Oto

GridOto.com – Jalur jalan bebas hambatan atau jalan tol sering kali dipilih pemilik kendaraan roda empat, baik saat berkendara di dalam maupun di luar kota.

Selain minim hambatan, pengendara dapat melaju dengan kecepatan yang lebih konsisten, sehingga waktu perjalanan cenderung lebih singkat dan terprediksi.

Meski begitu, karakter jalan tol yang cenderung bebas hambatan sering kali membuat pengendara lengah dan mengabaikan keselamatan.

Padahal, berkendara di jalan tol justru menuntut konsentrasi tinggi karena semua kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan perjalanan lebih monoton.

Agar berkendara di jalan tol tetap aman dan nyaman, Training Director The Real Driving Center (RDC) Indonesia, Marcell Kurniawan, melalui laman gardaoto.com membagikan sejumlah tips yang perlu dilakukan pemilik kendaraan selama perjalanan di jalan tol.

1. Jaga kecepatan kendaraan

Mematuhi batas kecepatan minimal kendaraan sangatlah penting. Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) batas kecepatan minimal untuk tol dalam kota adalah 60 km per jam dan maksimal 80 km per jam.

Sementara untuk perjalanan luar kota, batas kecepatan maksimal berada di 100 km per jam.

Melanggar batas kecepatan dapat meningkatkan risiko kehilangan kendali, memperpanjang jarak henti, mengurangi efektivitas alat pelindung keselamatan, dan memperparah cedera jika terjadi kecelakaan.

“Mengendarai dengan kecepatan tinggi juga cenderung boros BBM. Selain itu, fitur keamanan seperti seatbelt atau airbag juga rentan tidak berfungsi maksimal jika pengendara terlalu ngebut,” ujar Marcell.

Editor : Yussy Maulia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa