Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masih Ada yang Lalai, Korlantas Cek Standar Keselamatan Ribuan Bus Pariwisata

Mohammad Nurul Hidayah - Selasa, 28 Mei 2024 | 21:30 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan lakukan ramp check pada bus pariwisata
Humas Polri
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan lakukan ramp check pada bus pariwisata

Gridoto.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan ramp check pada ribuan bus pariwisata.

Ramp check atau pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh mulai dari dokumen hingga kondisi kendaraan ini dilakukan di PO Bus Jackal Holidays yang ada di Jl. Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat.

Proses pengecekan standar keselamatan pada bus pariwisata ini dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Menurutnya, kunjungan kali ini untuk memastikan standar keselamatan bagi bus pariwisata yang belakangan menjadi sorotan.

Baca Juga: Ini Alasan PO Juragan99 Trans Kasih Nama Bus Mereka dengan Karakter Kartun 

"Karena sudah liat dan dengar ada beberapa kasus yang menimpa bus wisata ini. Kita di seluruh Indonesia sudah melaksanakan ramp check, sudah ada 5.283 bus yang kita periksa. kemudian ada 4.435 yang laik secara administratif maupun secara fisik," ungkap Kakorlantas.

Kakorlantas juga menyebut kalau ada 834 bus yang diperiksa tidak laik, itu ada di 262 lokasi yang dilakukan ramp check oleh Korlantas bersama dengan Kementerian Perhubungan.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan , masih ada pengusaha bus yang lalai standar keselamatan.
Humas Polri
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan , masih ada pengusaha bus yang lalai standar keselamatan.
Irjen Pol Aan Suhanan juga mengungkap masih terdapat pengusaha bus yang lalai atau dalam artian mengabaikan standar keselamatan.

"Pertama tidak melakukan uji laik secara berkala, karena ditemukan ada beberapa KIR yang sudah mati atau sudah tidak berlaku. Kemudian ada beberapa kendaraan secara fisik itu tidak laik teknis tidak laik jalan," ujarnya.

Baca Juga: Bus Pariwisata Mewah dari PO Pangeran, Pakai Sasis Premium Terjamin Keamanannya

Makanya, Kakorlantas menghimbau kepada masyarakat yang ingin menggunakan jasa bus pariwisata harus aktif melakukan pengecekan kelaikan bus yang akan digunakan melalui website Spionam dan Mitra Darat dari Kemenhub.

Pastikan bus yang akan digunakan laik jalan dan memenuhi standar keselamatan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan berwisata silahkan di cek kelayakan ini ada di Spionam ada Mitra Darat, jangan ragu-ragu untuk melihat, bertanya kepada pengusaha bus dan jangan cari yang murah tapi tidak menjamin keselamatan," tutupnya.

Nah, buat kalian yang berniat melakukan liburan menggunakan jasa bus pariwisata dihimbau memastikan kalau bus yang akan digunakan laik jalan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa