Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Karawang, 35 Detik Keluar 1 Motor

Hendra - Senin, 13 Mei 2024 | 21:19 WIB
Pabrik yadea memilik total kapasitas 3 juta unit pertahun
Yadea
Pabrik yadea memilik total kapasitas 3 juta unit pertahun

GridOto.com- Yadea Indonesia melakukan ground breaking alias peletakan batu pertama pembangun pabrik, Senin (13/5) di Karawang, Jawa Barat. 

Pabrik baru Yadea berteknologi produksi mutakhir, menampilkan sistem konveyor gantung perintis untuk produksi real-time dan sesuai permintaan.

Jalur perakitan otomatis dan pengelasan robotik memastikan proses produksi yang cepat dan efisien, menghasilkan sepeda motor listrik hanya dalam 35 detik.

Wang Jinlong, General Manager Manufaktur Yadea Indonesia mengungkapkan pendirian pabrik merupakan langkah strategis seiring meningkat permintaan motor listrik di pasar Indonesia.

"Kapasitas produksi pabrik kami 3 juta unit per tahun," ungkap Wang Jinlong.

pabrik dengan luas 270.000 meter persegi memiliki nilai $150 juta USD (sekitar Rp 2,4 triliun) ini dijadwalkan beroperasi pada 2026.

Menurut Wang, pabrik baru ini tidak hanya akan melayani pasar domestik tetapi juga mengekspor produk ke negara-negara tetangga.

"Yadea merupakan solusi kendaraan listrik (EV) kelas dunia dengan memanfaatkan teknologi inovatif yang memenuhi dan melampaui standar keamanan dan kualitas," tegas Wang Jinlong. 

Yadea memiliki keyakinan ke depan tren penjualan motor listrik akan mengalami pertumbuhan.

Baca Juga: Motor Listrik Yadea Diskon Rp 7 Juta Selama IIMS 2024, Begini Cara Dapatnya

Hal ini didasari berbagai alasan, seperti suara mesin yang cenderung lebih halus, efisiensi yang lebih tinggi, perawatan yang mudah dan murah, serta ramah lingkungan.

Terlebih pemerintah mendukung dengan mempercepat penjualan motor listrik, salah satunya insentif Rp 7 juta untuk setiap unit yang dibeli.

Peletakan batu pertama Pabrik Yadea Indonesia di Karawang
Yadea
Peletakan batu pertama Pabrik Yadea Indonesia di Karawang

Syarat untuk mendapatkan insentif ini, pabrikan harus memenuhi persyaratan, salah satunya adalah diproduksi secara lokal dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen.

Yadea, saat ini memiliki beberapa varian antara lain Yadea T9 dan Yadea E8S Pro.

Kedua varian ini telah memenuhi syarat untuk dapat insentif Rp 7 juta.

Dengan adanya insentif ini, berdasarkan data di SISAPIRa  konsumen dapat memboyong Yadea T9 dengan harga Rp 14,5 juta dan Yadea E85 Pro dibanderol Rp 16,9 juta.

Harga tersebut merupakan harga on-the-road Jadetabek.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa