Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berdiri Sejak 2011, Hankook Masih Impor Ban Truk dan Bus Untuk Pasar Domestik

Harun Rasyid - Jumat, 20 September 2019 | 10:00 WIB
Manufaktur Pembuatan Ban Mobil Hankook
Istimewa
Manufaktur Pembuatan Ban Mobil Hankook

GridOto.com - Berkembangnya industri dan transportasi di tanah air khususnya dalam bidang transportasi darat membuat jumlah mobil, truk dan bus meningkat.

Ditambah majunya infrastruktur seperti jalan tol, juga mendukung berkembangnya penggunaan kendaraan komersial seperti truk.

Selain itu, adanya regulasi seperti ganjil genap di Jakarta membuat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan penambahan unit bus sebanyak 41 ribu yang akan dicapai dalam 5 tahun mendatang.

Melihat hal tersebut, Hankook selaku salah satu produsen ban mobil seharusnya memproduksi ban truk dan bus di dalam negeri.

(Baca Juga: Ingin Lebih Dikenal, Hankook Fokus Jadi Produk OEM, Dari Hyundai Hingga Porsche!)

Mempunyai pabrik produksi yang diresmikan sejak 2011 di Indonesia tepatnya di Cikarang, Jawa Barat, PT Hankook Tire Indonesia mengungkapkan kalau saat ini mereka belum mau memproduksi ban truk dan bus di Indonesia.

Yoon Keun Yoong, GM Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia menuturkan kalau selama ini ban Hankook untuk bus dan truk di Indonesia didatangkan dari luar negeri.

"Sampai saat ini memang pabrik Hankook di Indonesia hanya memproduksi ban mobil selain truk dan bus dengan ukuran 13 inci sampai 19 inci," kata Yoon, Selasa (16/9/2019).

Yoon mengungkapkan, meski begitu Hankook Tire Indonesia sudah membuat berbagai macam ban seperti Standard Performance (SP), High Performace (HP), Ultra High Performsce (UHP) hingga LV (LTR Van).

(Baca Juga: Terungkap, Ternyata Begini Cara Bikin Ban Mobil di Pabrik Hankook)

"Kami memang belum berencana membuat ban truk dan bus, namun banyak jenis ban yang sudah kami produksi di sini mulai dari SP, HP, UHP sampai LV," terang Yoon.

"Untuk jenis ban selain truk atau bus saja, jenis motif bannya sudah sekitar seribu macam. Selama ini memang ban bus atau truk kami datangkan dari pabrik Hankook di China dan Korea Selatan," lanjut Yoon.

Diketahui ban Hankook untuk mobil truk dan bus berada di kisaran harga Rp 2 juta sampai Rp 5 jutaan, jika ban tersebut diproduksi di dalam negeri tentunya harganya akan lebih murah sob.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



REKOMENDASI HARI INI

YANG LAINNYA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa