Jangan Cuekin Ban Serep, Tekanan Angin Berkurang Segini Tiap Bulan

Wisnu Andebar - Senin, 28 Oktober 2024 | 20:00 WIB

Ilustrasi ban serep (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Ban serep alias ban cadangan pada mobil memiliki peran penting ketika mengalami kondisi darurat, seperti bocor atau pecah di jalan.

Namun, terkadang pemilik mobil lupa memerhatikan kondisi ban serep kendaraannya.

Ban serep juga perlu dirawat secara berkala agar selalu dalam kondisi terbaik dan siap digunakan kapan saja ketika dibutuhkan.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano mengatakan, ban serep yang terawat pastinya dalam kondisi optimal.

"Sehingga ketika dalam situasi darurat, dapat mengganti ban yang rusak dengan cepat. Tentunya juga akan meningkatkan ketenangan dan keselamatan saat berkendara,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (28/10/2024).

Fisa melanjutkan, hal yang perlu diperhatikan agar ban serep selalu dalam kondisi prima salah satunya dengan mengecek tekanan angin.

Sebab tekanan angin pada ban dapat berkurang hingga 3 persen setiap bulannya.

Hal tersebut merupakan hal yang normal dikarenakan tekanan udara dapat berkurang secara perlahan melalui pori pori ban yang biasa disebut dengan proses ‘osmosis’.

Oleh karena itu, tekanan angin pada ban serep sebaiknya dilebihkan 5-10 psi dari tekanan standarnya serta diperiksa secara berkala setiap bulan.

Baca Juga: Bisa Lakukan Sendiri di Rumah, Begini Cek Kondisi Ban Serep Mobil