Adu Sangar Mercy S600 Guard dan MV3 Garuda, Mobil Kepresidenan Era Jokowi dan Prabowo

Ferdian - Minggu, 20 Oktober 2024 | 16:00 WIB

Sangarnya mobil Presiden RI Prabowo Subianto usai dilantik di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024) (Ferdian - )

Gridoto.com - Ada yang menarik dengan mobil kepresidenan milik Prabowo Subianto saat pelantikan sebagai Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Yap, mobil tersebut adalah SUV gagah berwarna putih yang sempat terparkir di Kompleks Senayan, Jakarta (20/10/2024).

Seperti diketahui mobil kepresidenan merupakan hal penting bagi pemimpin negara untuk mobilitas menjalankan tugas negara.

Selain itu, mobil yang digunakan pemimpin negara kerap kali menyita atensi publik karena spesifikasi dan desain khusus untuk memastikan keamanan tingkat tinggi dan kenyamanan bagi sang presiden.

Di Indonesia, fasilitas kendaraan bagi presiden telah diatur sebagai hak yang akan diberikan negara setelah presiden terpilih dilantik sebagai presiden definitif.

Hal tersebut tercantum dalam Pasal 5 Undang-Undang 7 Tahun 1978 Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Seperti sebelumnya mobil dinas kepresidenan yang digunakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) adalah Mercedes-Benz S600 Guard, Innova Zenix, Toyota Land Cruiser 200, Toyota Alphard, dan Lexus LX570.

Seluruhnya berwarna hitam.

Baca Juga: Toyota Alphard Hitam Pelat AD 1 JKW Disiapkan, Dipakai Antar Jokowi Keluar Istana Saat Pensiun

(Fabian Januarius Kuwado)
Mercy S600 Guard Jokowi