Baru Tahu, Ternyata Ganti Oli Gardan Motor Matic Sepenting Ini

Panji Nugraha - Sabtu, 19 Oktober 2024 | 23:15 WIB

Ilustrasi mengganti oli gardan wajib dilakukan selain oli mesin (Panji Nugraha - )

 

GridOto.com - Jadwal penggantian oli jadi hal wajib dilakukan untuk menjaga performa mesin motor tetap dalam kondisi prima. 

Di motor matic jangan cuma ganti oli mesin saja, Sobat GridOto juga wajib mengganti secara rutin oli transmisi atau oli gardan.

“Oli gardan memiliki peran penting dalam melumasi dan memastikan kelancaran kerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis," tukas Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman dikutip dari rilis resmi (19/10)

"Lokasinya oli gardan berada di bagian belakang CVT, tepatnya di poros tengah yang menghubungkan CVT dengan roda belakang,” ujarnya.

Dengan mengganti oli gardan motor matic secara rutin dan berkala dibilang sangat penting, karena untuk menjaga performa sepeda motor matic tetap optimal.

"Jika penggantian oli gardan terlambat atau menggunakan spesifikasi yang salah, gear ratio bisa mengalami kerusakan. Tanda-tanda kerusakan tersebut biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar atau bising dari dalam boks CVT,” ujar Ade.

Jadwal penggantian oli gardan ini lebih lama ketimbang oli mesin, yaitu 8.000 km atau 8 bulan pemakaian mana yang lebih dulu tercapai. 

Untuk acuan simple, penggantian oli gardab menggunakan perbandingan 2 banding 1, yaitu setiap dua kali mengganti oli mesin, bisa sekaligus mengganti oli transmisi agar lebih praktis.

Khusus untuk matic Honda, bisa menggunakan Honda Genuine Part, dan ada dua jenis oli transmisi yang direkomendasikan, yaitu: 

1. Transmission Gear Oil : Oli khusus transmisi ini memiliki tingkat gesekan rendah, sehingga mampu melumasi celah sempit pada gear transmisi.

Formulasinya dirancang untuk menahan tekanan kerja dan temperatur tinggi, sehingga perpindahan gigi otomatis tetap halus dan lancar

2. Transmission Gear Oil (Fully Synthetic) : Oli transmisi berbahan dasar sintetik dengan aditif teknologi terbaru dari Honda.

Oli ini memiliki kelebihan dalam hal stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, serta mampu menjaga performa gear tetap optimal baik pada suhu dingin maupun panas.

Oli sintetik ini membantu meredam panas dan melindungi komponen transmisi dari keausan akibat gesekan.

Oleh karena itu, penting untuk memilih oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan tipe dan tahun pembuatan sepeda motor.

Baca Juga: Cek Oli Gardan Motor Matic Masih Bening, Tetap Aman Dipakai Terus?