Toyota Alphard Hitam Pelat AD 1 JKW Disiapkan, Dipakai Antar Jokowi Keluar Istana Saat Pensiun

Irsyaad W - Sabtu, 19 Oktober 2024 | 17:00 WIB

Toyota Alphard berpelat nomor AD 1 JKW yang disiapkan untuk mengantar Jokowi keluar istana di hari terakhir jadi presiden (Irsyaad W - )

GridOto.com - Istana Kepresidenan menyiapkan sebuah Toyota Alphard hitam berpelat AD 1 JKW.

Nantinya dipakai mengantar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk keluar dari Istana saat resmi pensiun, (20/10/24).

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Alphard itu hanyalah salah satu opsi yang disiapkan untuk Jokowi.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, semua tergantung keinginan Jokowi pulang ke Solo melalui jalur darat atau menggunakan pesawat.

"Iya (Alphard hitam AD 1 JKW) untuk rencana Pak Presiden. Iya (untuk pulang lewat darat), sebelum apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana," kata Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat, (18/10/24).

Ari menegaskan ada beberapa kendaraan yang disiapkan untuk membawa Jokowi pulang dari Istana, tetapi ia tidak menjelaskan kendaraan apa saja yang dimaksud.

Ia menyebutkan, pihak Istana juga menyiapkan opsi apabila Jokowi memilih pulang ke Solo menggunakan pesawat komersial.

Baca Juga: Tol Bawah Laut Impian Jokowi Tak Murah, Butuh Dana Segar Rp 11 Triliun Untuk Realisasi

"Intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario, ya. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara, pesawat komersilnya seperti apa, nanti akan di-update kepada teman-teman," ucap Ari.

Ari pun menekankan, Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi akan tetap dikawal oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) setelah tidak menjabat.

"Setiap mantan kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yaitu Presiden dan mantan presiden itu memiliki aturan dalam pengawalan, dan itu sudah disiapkan," kata dia.

Seperti diketahui, Jokowi berencana kembali ke Solo setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Belum lama ini, Jokowi juga sudah mengemas barang-barangnya untuk dibawa pulang ke Solo.

"Sudah 70 persen barang-barang sudah dibawa dengan box ke Solo," tutur Jokowi memberikan keterangan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, (11/10/24).