Jangan Dilanjut, Lakukan Ini Saat Sopir Terhipnotis di Tol Yang Panjang dan Sepi

Ferdian - Selasa, 15 Oktober 2024 | 20:45 WIB

Ilustrasi jalan tol (Ferdian - )

GridOto.com - Jangan main-main, pengemudi di tol rawan terhipnotis ketika melintasi jalan dengan kondisi begini.

Terhipnotis yang dimaksud adalah highway hypnosis.

Hal berbahaya ini bisa terjadi saat melewati jalan tol maupun non tol yang sepi.

Highway Hypnosis muncul saat pengemudi melakukan perjalanan dalam jangka waktu yang lama.

Perlu diketahui, Highway hypnosis adalah fenomena di mana otak seseorang terhipnotis akibat keadaan yang terlalu monoton sehingga mengalami setengah sadar ataupun mengalami microsleep.

Selain jalan yang monoton dan kurangnya perhatian otak, Highway Hypnosis juga bisa disebabkan karena kelelahan atau kurang tidur.

"Jarak yang panjang mereka gampang terkena yang namanya fenomena highway hypnosist, otak kita terhipnotis," terang Jusri Pulubuhu, instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pelaku Lane Hogger Harus Tahu, Ini Fungsi Setiap Lajur di Jalan Tol

"Ketika monoton situasi alam otaknya atau situasi psikologisnya masuk kategori fatigue atau kelelahan, pada saat itu kemampuan motorik seseoarang akan menurun, termasuk konsentrasi seseorang karena monoton," lanjutnya disitat GridOto.

Dilansir dari wuling.id, ada beberapa tanda pengemudi mengalami gejala highway hypnosis, diantaranya : Mengantuk, Kehilangan konsentrasi atau kebingungan, Pikiran melayang Perasaan tumpul atau linglung, Waktu reaksi lambat, Kelopak mata berat atau sering berkedip.