Toyota Is Back! Resmi Gandeng Haas F1 Team Sebagai Mitra Teknis

Rayhansyah Haikal Wishnumurti - Jumat, 11 Oktober 2024 | 21:15 WIB

MoneyGram Haas F1 Team dan Toyota resmi bermitra. (Rayhansyah Haikal Wishnumurti - )

GridOto.com - Toyota akhirnya resmi kembali ke ajang balap Formula 1 dengan mengganndeng tim MoneyGram Haas F1 Team sebagai mitra teknis.

Yup, pada Jumat (11/10), Toyota via Toyota Gazoo Racing dan MoneyGram Haas F1 Team resmi memulai kemitraannya di ajang balap ternama dunia tersebut.

Kerjasama antara Toyota Gazoo Racing dan tim yang lebih dikenal sebagai Haas tersebut membuka lagi kisah Toyota di F1 setelah urung pada 2009 lalu.

"Saya sangat senang MoneyGram Haas F1 Team dan Toyota Gazoo Racing telah sepakat untuk memulai kerjasama teknikal," kata Ayao Komatsu, Team Principal MoneyGram Haas F1 Team.

"Untuk memiliki dukungan pemimpin dunia di sektor otomotif serta bekerja bersama organisasi kami, ini adalah kemitraan yang akan memberikan keuntungan di dua belah pihak," tambah Komatsu.

Toyota
Bos Haas F1 Team Ayao Komatsu bersama Chairman Toyota Akio Toyoda mengesahkan kemitraaan Toyota-Haas.

Baca Juga: Gara-gara Crash Mick Schumacher, Guenther Steiner Ungkap Tim Haas Rugi Rp 30 Miliar di F1 2022

Seperti apa detail kerjasama antara Toyota dan Haas? Keduanya terjalin dalam persetujuan 'multi-year' sehingga membuka kans Toyota dann Haas menjadi 'ce-es' sampai 2026.

Apalagi dalam deal dengan Toyota tersebut, Haas mendapatkan bantuan teknis seperti manufakturing dan desain komponen baru.

Bahkan Toyota juga siap dalam hal pengembangan aerodinamika mobil F1 masa depan Haas dengan menurunkan insinyurnya serta windtunnel.