Tol Bawah Laut Impian Jokowi Tak Murah, Butuh Dana Segar Rp 11 Triliun Untuk Realisasi

Irsyaad W - Jumat, 4 Oktober 2024 | 12:15 WIB

Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal memiliki tol bawah laut menghubungkan dengan Balikpapan, Kalimantan Timur (Irsyaad W - )

GridOto.com - Pemerintah Indonesia memiliki mimpi besar untuk bisa memiliki jalan tol bawah laut.

Jalan tol bawah laut atau dikenal dengan istilah immersed tunnel ini juga merupakan impian presiden Joko Widodo (Jokowi).

Biaya pembangunannya tentu tak murah, dikatakan jika bisa terealisasi di tahun 2025, pemerintah butuh dana segar tak kurang dari Rp 11 triliun.

Mengenai penetuan lokasinya sudah ditetapkan, yakni akan menjadi bagian dari jaringan jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN).

Saat ini, proyek prestisius dan padat modal tersebut masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study) dan masuk dalam rangkaian konektivitas Tol IKN Seksi 4A-4B.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), M Zainal Fatah mengatakan, Pemerintah Korea Selatan yang sudah mendahului keberhasilan memiliki terowongan bawah laut. Lalu negeri Gingseng itu berminat untuk membantu merealsiasikan mimpi Indonesia ini

"Kami terus komunikasi dengan Korea, Korea juga tertarik," kata Zainal saat ditemui di kantornya, Jakarta, (1/10/24) melansir Kompas.

Baca Juga: Mobil Masuk Kolong, Terowongan Tol Bawah Laut Akan Membentang di Sini

 

JPX
Presiden Jokowi bersama para artis Ibu Kota ridding di jalan tol IKN

Zainal melanjutkan, untuk membangun terowongan bawah laut serta ibu kota negara baru, pemerintah belajar dari Korea Selatan dan Australia.