Digembosi Pelan-pelan, Pramac Racing Boyong Teknisi Ducati ke Yamaha

Rezki Alif Pambudi - Jumat, 4 Oktober 2024 | 08:30 WIB

Pramac Racing boyong kru Ducati ke Yamaha di MotoGP 2025 (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Pramac Racing memastikan akan memboyong beberapa teknisi Ducati ke Yamaha di MotoGP 2025 mendatang.

Teknisi Ducati tersebut selama ini dipekerjakan Ducati untuk memegang pekerjaan penting di garasi tim Pramac Racing.

Soal DNA motor yang memang hanya dipahami oleh para insinyur Ducati, namun para teknisi tim juga memiliki banyak pengetahuan penting.

Salah satu yang paling mendasar adalah metode atau soal tata kerja Ducati, yang selama beberapa tahun terakhir membuatnya menjadi pabrikan yang sangat dominan di MotoGP.

"Kami sudah bekerja dengan sangat dekat ke Ducati selama bertahun-tahun, Kupikir di luar fakta bahwa akan ada banyak tenaga dari Bologna, kami akan bekerja dengan kondisi sama," kata bos Pramac, Gino Borsoi, dilansir GridOto.com dari Speedweek.

"Kami sudah memahami cara bekerja Ducati dari dalam dan ingin memanfaatkannya untuk masa depan," jelas pria yang pernah aktif balapan pada periode 1990-an ini.

Menurut Borsoi, hadirnya teknisi-teknisi tersebut akan memegang peran penting, lantaran memberikan pengaruh positif ke teknisi Yamaha.

"Strateginya mirip 'copy and paste'. Kami ingin menggunakan metode bekerja yang sukses dan filosofi yang kami gunakan selama beberapa tahun ke dalam proyek Yamaha tanpa dikurang-kurangi," tegasnya.

"Itu yang diinginkan Yamaha dari kami. Yamaha sangat terbuka. Mereka paham ini bukan hanya soal teknologi, tapi soal metode. Yamaha sudah bertanya banyak hal dan itu juga bagian dari proyek di mana kami memberikan jawabannya," jelasnya.

Baca Juga: Lebih Pagi dari MotoGP Mandalika, Ini Jadwal MotoGP Jepang 2024

Para teknisi ini datang tanpa dipaksa, hanya berdasar kesetiaan kepada Pramac dan ketertarikan untuk kembali membawa Yamaha ke papan atas.

"Kami berada di situasi yang sangat bagus karena beberapa teknisi dari departemen balap Ducati memutuskan bertahan bersama kami," ungkap Borsoi.

"Mereka akan pergi bersama kami ke proyek baru bersama Yamaha. Orang-orang dari Bologna ni memberikan banyak pengalaman ke kami. Sangat penting memasukkan mereka ke dalam proyek sebagai penasihat dan juga membantu pengembangan motor," jelas sang Manajer.

Sebelum ini Yamaha sudah merekrut beberapa insinyur penting Ducati, seperti Massimo Bartolini dan Marco Nicotra.