Nantikan Laga 4 Pebalap Binaan Astra Honda di Ajang GP Mandalika

Content Marketing ADV - Jumat, 27 September 2024 | 17:00 WIB

Idemitsu Asia Talent Cup (Content Marketing ADV - )

GridOto.com – Kejuaraan balap motor internasional MotoGP Mandalika semakin spesial dengan kehadiran empat pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), yakni Fadillah Arbi Aditama, Davino Britani, Mario Suryo Aji, dan M Kiandra Ramadhipa.

Fadillah Arbi Aditama atau akrab disapa Arbi akan turun sebagai wildcard di kelas FIM Moto3 World Championship 2024 seri Mandalika pada 28-29 September 2024.

Sebagai informasi, FIM Moto3 World Championship merupakan bagian dari seri World Grand Prix yang menggunakan mesin berkapasitas 250 cc.

Pada kejuaraan FIM Moto3 World Championship 2024, Arbi akan menjadi pebalap wildcard di bawah naungan Honda Team Asia.

“Ini kali kedua saya jadi pebalap wildcard di Mandalika. Tahun lalu, saya finis di posisi 17. Secara fisik, mental dan teknis, saya siap untuk memberikan hasil terbaik di Mandalika,” ujar Arbi.

Selain ajang Mandalika 2024, pebalap lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) 2019 ini juga telah berpartisipasi sebagai wildcard di Moto3 seri Catalunya dan seri Aragon, Spanyol.

Baca Juga: Ratusan BMW R 1200 GS Diterjunkan Kawal MotoGP Mandalika, Intip Harganya

Arbi juga telah berhasil meraih prestasi membanggakan dengan mencetak sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang berhasil menapaki podium tertinggi saat bersaing di FIM JuniorGP 2023.

Pebalap reguler Honda Asia Team Mario Suryo Aji juga akan tampil di ajang Moto2 Mandalika. Mario merupakan alumni Astra Honda Racing School 2016 yang kemudian melakukan debutnya di ajang Thailand Talent Cup.

Pada musim 2018, Mario turun di ajang ATC dan dilanjutkan sebagai pebalap reguler di ajang balap dunia Moto3 selama periode 2022 – 2023.

IATC 2024

Selain Arbi, pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yaitu Davino Britani juga akan menjadi pebalap wildcard di ajang balap IATC yang digelar bersamaan ajang balap MotoGP seri Mandalika.

DOK.AHM
Davino Britani

Davino Britani merupakan pebalap berusia 14 tahun yang juga tergabung dalam Astra Honda Racing School. Meski ajang ini menjadi pengalaman perdana bagi Davino, ia optimistis dapat tampil maksimal.

“Saya akan berusaha memberikan penampilan terbaik karena tampil menjadi pebalap MotoGP adalah impian yang ingin saya wujudkan di masa depan,” ujar Davino.

Hingga 2024, Davino telah berhasil mencetak berbagai prestasi di ajang balap nasional, mulai dari menempati standing point urutan pertama kelas junior sport 150 cc di Mandalika Racing Series dan 1st Standing Point of Rookie Class pada ajang Moto Prix Region Java.

Gelaran IATC juga akan diperkuat oleh pebalap regular binaan AHM, Kiandra Ramadhipa.

Pada balapan putaran sebelumnya, Ramadhipa memberikan kado spesial untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-79 dengan meraih podium kedua pada race kedua IATC di Sepang International Circuit pada 18 Agustus 2024.

Dengan prestasinya ini, Kiandra Ramadhipa menempati posisi ke-2 klasemen pebalap IATC 2024 dengan catatan point 71.

Baca Juga: Heboh Banget! Intip Keseruan Parade Pembalap MotoGP Mandalika 2024

Kejuaraan IATC merupakan kejuaraan yang memberi kesempatan bagi talenta balap dari negara-negara Asia. Ajang ini mulai digagas pada tahun 2013 dan resmi bergulir sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Ajang ini menjadi platform pengembangan bagi pembalap-pembalap muda untuk mengasah keterampilan balap mereka dan mempersiapkan diri menuju level yang lebih tinggi di kompetisi balap internasional.