Aura MotoGP Kental, CBR1000RR-R Fireblade Punya Winglet, Ini Fungsinya

Panji Nugraha - Rabu, 25 September 2024 | 23:15 WIB

Honda CBR1000RR-R Fireblade kembali mengusung konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm (Panji Nugraha - )

GridOto.comMakin kental nuansa motor MotoGP, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi memperkenalkan Honda CBR1000RR-R bagi Sobat GridOto pecinta motor supersport (25/09).

CBR1000RR-R diklaim memberikan pengalaman berkendara mendekati sensasi riding di atas motor MotoGP.

”Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit," ujar Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi dikutip dari rilis resmi (25/09).

"Layanan premium kami melalui jaringan Honda Big Wing juga siap mendukung para pengguna CBR1000RR-R Fireblade dengan pengalaman purna jual terbaik,” janjinya.

Yang paling kentara di CBR1000RR-R adalah penggunaan winglet di bagian fairing depan yang tentu saja berfungsi untuk menghasilkan downforce lebih besar.

Bukan hanya memiliki fungsi yang penting saat berkendara dalam kecepatan tinggi, tentu penggunaan part ini membuatnya semakin kental nuansa motor MotoGP.

Kemudian desain fairing bawah baru yang seperti sirip itu mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara.

Pada sektor tangki bensin, bentuknya didesain ulang dengan lebih ergonomis, yang makin membuat cengkraman lutut rider ke tangki jadi lebih baik dan namun kapasitas tangki jadi lebih banyak.

Honda
Desain fairing Honda CBR1000RR-R makin kental dengan nuansa motor MotoGP

Beralih ke area dapur pacu, mesin yang digunakan sama seperti RC213V dengan piston 81 mm dan stroke 48,5 mm di keempat silinder inline dengan kapasitas 999,9 DOHC.