Quartararo Tembus 5 Besar di Hari Pertama MotoGP Emilia Romagna 2024, Sinyal Kembalinya Yamaha?

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 21 September 2024 | 09:30 WIB

Fabio Quartararo tampil bagus di practice MotoGP Emilia Romagna 2024 (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Fabio Quartararo berhasil mengakhiri hari pertama MotoGP Emilia Romagna 2024 dengan masuk lima besar pembalap terkencang pada sesi practice.

Bersama Yamaha YZR-M1, Fabio Quartararo tampil sangat kencang mencatatkan lap impresif 1 menit 30,886 detik pada akhir practice MotoGP Emilia Romagna 2024.

Banyak yang menilai ini adalah momentum membaiknya Yamaha YZR-M1, setelah pada seri sebelumnya Fabio Quartararo juga berhasil finis ketujuh di Sirkuit Misano.

"Terasa sangat bagus hari ini. Sudah sangat lama sejak kami terakhir mengakhiri latihan di lima besar," kata El Diablo dilansir GridOto.com dari Speedweek.

"Kami belum pernah melakukannya tahun ini. Sangat ketat dan Pedro Acosta juga hanya 0,1 detik di belakangku di posisi ke-9, tapi itu tidak penting. Yang penting kami akan mencoba mendekat ke puncak," jelasnya.

Quartararo mengaku tidak ada komponen khusus baru di motornya, yang menjadi kunci peningkatan performanya.

"Jujur saja, tidak ada perubahan besar. Kami hanya mengandalkan info dari tes terakhir dan melanjutkan pekerjaan dengan detail lebih bagus," sambungnya.

"Langkah terbesar adalah perubahan kontrol mesin, yang mana membuatnya lebih halus. Tapi mesinnya sama saja lho," tegas juara MotoGP 2021 ini.

Namun sang pembalap belum berani mengatakan bahwa Yamaha sudah memperbaiki penampilannya.

Baca Juga: Ditanya Permusuhan Rossi dan Marquez, Bagnaia Terlihat Sangat Kesal

Baginya masih butuh waktu lagi untuk benar-benar melihat, apakah performa Yamaha sudah terlihat membaik dari sebelumnya.

"Sekarang sangat menarik memahami posisi kami di trek lain. Mungkin 2-3 balapan lagi akan sangat penting," lanjutnya.

"Tapi bagaimanapun, kami sepakat bahwa kami akan maju langkah demi langkah. Faktanya masuk Q2 mengubah seluruh akhir pekanmu. Jika bisa Q2 sejak Jumat, itu membantu sekali. Kupikir hasil ini juga bisa membawa kami mengakhiri musim dengan baik," tegas Quartararo.