Wuling Bakal Produksi Baterai Lokal Akhir Tahun 2024, Begini Penjelasannya

M. Adam Samudra - Jumat, 20 September 2024 | 18:10 WIB

Wuling akan segera memproduksi baterai di Indonesia pada akhir tahun 2024 (M. Adam Samudra - )

GridOto.comWuling Motors bakal menggunakan baterai buatan lokal untuk line up produk mobil listriknya pada 2024, seiring dengan roadmap yang sudah ditetapkan pemerintah.

Adapun baterai Wuling EV yang nanti diproduksi didalam negeri. Dimana baterai ini juga dikenal sebagai magic baterai

Hal ini seperti disampaikan oleh Liu Yan Marketing Operation Director Wuling Motors di Mall Kelapa Gading,  Jakarta Utara, Jum'at (20/9/2024).

"Rencana untuk memproduksi baterai Wuling EV di Indonesia pada akhir tahun 2024. Hal ini sebagai bentuk komitmen Wuling dalam membangun ekosistem EV di Indonesia," kata Liu di Jakarta.

Liu menambahkan, baterai ini telah terinspirasi dari desain pesawat.

Tak hanya itu, baterai ini diklaim punya kemampuan modular yang membuatnya mudah diperbaiki.

"Mengandung sel baterai canggih karena peningkatan struktur di dalam sel baterai dan lapisan keramik sebagai konduktor panas yang rendah," paparnya.

Baca Juga: Mobil Listrik Paling Dicari, Ternyata Wuling Air ev Terjual Sebanyak Ini

"Meminimalisir terjadi konslet dan bocor. Sel baterai telah melalui serangkaian pengujian dan lulus sehingga berfungsi normal meski tabrakan, tak ada case terbakar atau meledak sendirinya," paparnya.

Bahkan dengan struktur kemampuan baterai magic bisa meningkatkan performa dan safety hingga tingkat keamanan lebih tinggi, efisien, tahan lama, performa baik dan aman.

Seperti diketahui, saat ini Wuling masih mengimpor baterai dari negara asal mereka, yakni Cina.

Untuk diketahui, beberapa tahun lalu, Wuling telah mengumumkan kerja samanya dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hight-Tech) untuk memasok baterai mobil listrik.

Gotion merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan baterai Lithium Iron Phospate atau Lithium Ferro Phospate (LFP).