Jalan Tol Indonesia Memanjang, Sampai Akhir 2024 Tumbuh 500 Kilometer

Irsyaad W - Rabu, 4 September 2024 | 11:00 WIB

Jalan Tol Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) atau Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated Ruas Cikunir-Karawang Barat (Irsyaad W - )

GridOto.com - Sampai akhir 2024 nanti, jalan tol Indonesia kian memanjang.

Menurut klaim Kementerian PUPR akan bertumbuh sampai 500 kilometer (Km).

Sementara Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menyampaikan, sejauh ini panjang jalan tol yang telah beroperasi hampir mencapai 3.000 Km.

"Nanti masih ada kira-kira 500 kilometer lagi sampai akhir tahun itu di Aceh, Sumatera Utara, yang dalam waktu dekat akan diresmikan," tuturnya dilansir dari siaran video kanal Youtube FMB9ID_IKP, (2/9/24).

"Kemudian di Jogja-Solo juga ya, kemudian beberapa tol tambahan lainnya, termasuk Tol IKN," jelasnya dalam webinar bertajuk "Mengawal 10 Tahun Pembangunan Infrastruktur".

Khusus di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sejauh ini sepanjang 2.200 kilometer jalan tol baru telah beroperasi dari total rencana 2.700 kilometer.

"Saya kira ini tiga kali lipat dari keberadaan jalan tol operasional yang sudah ada hingga tahun 2014," imbuhnya disitat dari Kompas.com.

Baca Juga: Bye-bye Plastik, Bayar Tol Tanpa Berhenti dan Sentuh Berlaku Tahun Ini

Menurutnya, tambahan 2.200 kilometer jalan tol baru beroperasi dalam 10 tahun terakhir itu termasuk Jalan Tol Trans-Jawa yang telah terhubung hingga Probolinggo, serta sekitar 850 kilometer Jalan Tol Trans-Sumatera.

"Jadi saya kira tambahan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan kita sehingga kita menjadi lebih kompetitif, lebih efisien, lebih berdaya saing, dan juga tentunya lebih memudahkan masyarakat," pungkas Endra.