Cocok Buat Antar Anak Sekolah, Ini Beberapa Penyakit Honda Freed

Panji Nugraha - Selasa, 3 September 2024 | 21:45 WIB

Ilustrasi mobil bekas Honda Freed (Panji Nugraha - )

GridOto.com - Berminat ingin membeli mobil bekas Honda Freed, perhatikan beberapa penyakit yang bisa jadi ditemui di unit yang sudah anda bidik!

Honda Freed sengat cocok ditebus bagi Sobat GridOto yang mendambakan mobil dengan kepraktisan pintu geser.

Dengan pintu model geser ini, memudahkan anggota keluarga saat masuk ke dalam kabin, terutama untuk anak saat diantar ke sekolah.

MPV boxy lansiran Honda ini sudah dijual di Indonesia sejak tahun 209 dan mengalami facelift di tahun 2013.

Walaupun jadi idaman banyak keluarga, tapi sayangnya Honda menyuntik mati mobil ini pada tahun 2015.

Karena usianya terbilang enggak muda lagi, saat beli mobil bekas Honda Freed musti teliti, terutama di bagian kaki-kaki!

"Honda Freed nyaris aman, tapi karena usianya sudah berumur, perhatian di kaki-kaki dan bocor oli saja" kata Sugito saat ditemui di Honda Camp Jati Asih, Bekasi dikutip dari Otoseken.com.

Meskipun penyakitnya di bagian kaki-kaki, Sugito menyebutkan kalau Honda Freed memiliki kaki-kaki yang awet ketimbang mobil-mobil Honda keluaran lebih baru seperti HR-V dan BR-V.

"Kaki-kaki Freed sebenarnya lebih bandel dari HR-V dan BR-V yang tahunnya lebih muda, tapi karena memang umur kaki-kaki yang sudah mulai pada kena link stabil, rack steer dan sokbreker," jelas Pria yang akrab disapa Om Gito.

"Link stabil dan sokbreker bisa ganti, tapi kalau rack steer di Honda Camp bisa diservis supaya lebih hemat," lanjutnya.

Bila pada saat test drive di jalan yang tidak rata timbul bunyi 'gluduk-gluduk', indikasi karet support yang sudah aus atau dari bushing arm.

Terakhir karena faktor usia juga, motor fan radiator dan motor fan AC sudah mulai banyak yang mati, sebaiknya melakukan pengecekan di bagian ini.

Baca Juga: Cocok Buat Antar Anak Sekolah, Segini Harga Mobil Bekas Honda Freed