Tol Japek II Selatan Apa Kabar, Ternyata Pembangunan Sudah Sampai Sini

Irsyaad W - Senin, 2 September 2024 | 12:15 WIB

Tol Japek II Selatan ruas Sadang-Kutanegara difungsionalkan pada arus liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kemarin (Irsyaad W - )

GridOto.com - Progres pembangunan tol Jakarta-Cikampek II Selatan dipertanyakan.

Apa kabar, proyek tol sepanjang 64 kilometer (Km) itu saat ini sudah sampai mana?

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, Mohamad Agus Setiawan mengatakan, pembangunan Tol Japek II Selatan terbagi menjadi dua fase yang mencakup tiga seksi.

Meliputi, Fase I Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 km dan Fase II Setu-Sukabungah 23,50 km (Seksi A Setu-Sukaragam dan Seksi B Sukaragam-Sukabungah).

Menurut dia, saat ini progres konstruksi Tol Japek II Selatan secara keseluruhan mencapai sekitar 40 persen, dan pembebasan lahan mencapai sekitar 80 persen.

"Kami mengharapkan dengan progres yang ada saat ini, dengan ketersediaan lahan yang sudah bisa dikonstruksi, ini kami targetkan pada tahun 2025 konstruksinya InsyaAllah sudah selesai," tandas Agus mengutip Kompas.com.

Berdasarkan materi paparan Jasa Marga, progres konstruski Fase I Sukabungah-Sadang mencapai 86,08 persen dengan progres pembebasan lahan 97,95 persen.

Baca Juga: Tol Japek II Belum Diizinkan Dibuka Sebagai Jalur Mudik Lebaran 2023, Polisi Ungkap Alasannya

Sementara untuk Fase II Seksi A Setu-Sukaragam, progres konstruksinya mencapai 19,34 persen dengan progres pembebasan lahan 77,95 persen.

Terakhir, progres konstruksi Fase II Seksi B Sukaragam-Sukabungah mencapai 33,53 persen dengan progres pembebasan lahan 95,82 persen.