Transaksi Tol Nirsentuh Sementara Masih Pakai Palang, Ini Alasannya

Ferdian - Jumat, 30 Agustus 2024 | 18:30 WIB

Uji coba transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah dimulai (Ferdian - )

GridOto.com - Belum semua menerapkan sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh tanpa berhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Penggunaannya akan dilakukan secara bertahap.

Single Lane Free Flow (SLFF) dengan barrier atau palang dan tapping (hybrid) akan digunakan di tahap awal.

Baru setelah itu dilanjutkan dengan masa transisi melalui penerapan SLFF dengan palang.

Pada tahap selanjutnya yaitu SLFF tanpa barrier dan MLFF secara penuh.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proses transisi tersebut diperlukan agar pengguna jalan tol bisa menyesuaikan.

"Dulu dari cash jadi plastik (kartu uang elektronik) saya dimarahi, akhirnya semua sekarang plastik, enggak ada sekarang yang cash. Sekarang dari plastik mau jadi nirsentuh, itu juga pasti enggak sekaligus 100 persen nirsentuh, bisa kacau, sehingga kami batasi juga dengan barrier. Nanti lama-lama akan hilang," tutur Basuki saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta (28/8/2024).

Dilansir dari Kompas.com, guna melancarkan Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut, Kementerian PUPR telah bertolak ke Hongaria belum lama ini untuk memperdalam terkait hal teknis MLFF.

"Kami akan ada negosiasi nanti, mudah-mudahan dilaksanakan dalam waktu segera supaya nanti ada perubahan kontrak dan bisa dilaksanakan dengan metode transisi," jelas Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Triono Junoasmono pada kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF adalah PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) yang merupakan perusahaan hasil kolaborasi antara Indonesia dan Hongaria.