Ajang Superchallenge Supermoto Race 2024 Masuki Putaran Terakhir, Persaingan Juara Umum Makin Ketat

Naufal Shafly - Selasa, 27 Agustus 2024 | 21:45 WIB

Superchallenge Supermoto Race 2024. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Ajang Superchallenge Supermoto Race 2024 seri Kejurnas akan memasuki putaran terakhir, Jumat-Sabtu (30-31/8/2024).

Setelah empat seri sebelumnya dihelat di Yogyakarta, Tasikmalaya, Surabaya, dan Subang, seri pamungkas ini akan dilangsungkan di Sirkuit Boyolali, Jawa Tengah.

Bukan hanya sekadar balap, seri terakhir ini mengusung tema sportainment yang menampilkan pertunjukan stuntrider.

Menariknya, aksi tersebut akan diramaikan oleh Rattana Pangpond Fhaisiri, seorang lady stuntrider Asal Thailand.

Rencananya Rattana akan tampil berhadapan dengan stuntrider Indonesia, Wawan Tembong.

Dari sisi kompetisi, putaran terakhir ini dipastikan bakal panas dengan persaingan dari para rider kenamaan seperti Tommy Salim, Yaasin Somma, Gerry Salim, Doni Tata, hingga Farudila Adam.

Nama-nama tersebut akan bersaing ketat, mengingat mereka masih berpeluang merebut gelar juara umum, khususnya di kelas utama FFA 250 dan FFA 180 Open.

Menurut Perwakilan Superchallenge, Mario Putra, peruntungan para pebalap bakal ditentukan oleh konsistensi, strategi, hingga kerja keras mereka di seri terakhir nanti.

Terlebih posisi klasemen sementara di masing-masing kelas masih cukup terbuka dan memungkinkan tiap pebalap untuk menyodok posisi teratas.

Baca Juga: Superchallenge Supermoto Race 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Simak Jadwalnya

“Di seri terakhir ini peta persaingan terutama di kelas FFA 250 dan FFA 180 Open akan sangat ketat demi memperebutkan gelar juara umum pada masing-masing kelas," ucap Mario dalam keterangan resminya, Senin (26/8/2024).

Pada kelas utama FFA 250, Tommy Salim tampil moncer di empat seri sebelumnya dan memuncaki klasemen dengan 173 poin.

Istimewa
Tommy Salim saat berlaga di Superchallenge Supermoto Race 2024.


Meski begitu, pembalap dari Tim Super Rider ini wajib waspada mengingat Yaasin Somma menempel cukup ketat di belakangnya dengan 162 poin.

Peluang serupa juga masih dipunyai Maliki Somma di posisi ketiga dengan 153 poin.

Bukan cuma kelas 250 FFA, persaingan menarik juga terjadi di kelas utama FFA 180 Open.

Di kelas itu, Tommy Salim dan Gerry Salim menguasai dua posisi teratas.

Tommy berada di puncak klasemen dengan 173 poin, disusul sang adik, Gerry Salim, yang membuntuti dengan 150 poin.

Sedangkan di posisi ketiga ada Farudila Adam yang siap merangsek dengan modal 142 poin.

“Kans masih sangat terbuka lebar. Kami harapkan semua rider bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di lintasan demi menjadi Juara Umum Superchallenge Supermoto Race 2024," ungkap Mario.

Baca Juga: Punya Tampilan Futuristik, Ini Wujud Supermoto Baru Benelli BKX 300 S

Sementara, Abed Nego Antoro dari Genta Auto & Sport selaku promotor mengatakan Sirkuit Boyolali telah dipersiapkan secara maksimal.

Dengan panjang lintasan sekitar 1.150 meter dan lebar 10 meter, Sirkuit Boyolali punya 10 tikungan dengan layout yang sangat menantang.

Abet menyebut kemampuan dan kecekatan para pebalap dalam menentukan breaking point bakal sangat menentukan hasil akhir race.

“Sirkuit Boyolali ini adalah sirkuit permanen dan aspalnya sangat cocok untuk pebalap gaspol penuh. Namun tentu mereka juga wajib waspada dengan tikungan-tikungan yang challenging dan tidak mudah untuk ditaklukan,” imbuh Abet Nego.