Buat First Car Buyer, Begini Cara Pilih Mobil Pertama yang Sesuai

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 27 Agustus 2024 | 14:00 WIB

cara memilih mobil baru untuk first car buyer agar sesuai kebutuhan di sesi talkshow Daihatsu Kumpul Sahabat Solo (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Konsumen yang baru pertama kali membeli mobil atau dikenal dengan istilah first car buyer, masih cukup tinggi di Indonesia.

Contohnya seperti di area Solo, Jawa Tengah, di mana konsumen first car buyer memiliki porsi 40 persen dari total penjualan produk mobil Daihatsu di kawasan tersebut.

Hal itu disampaikan Andrianto Saudin, Area Manager Central Java PT Astra International Daihatsu Sales Operation saat konferensi pers di acara Daihatsu Kumpul Sahabat Solo.

"Untuk area Solo, porsi first buyer itu sekitar 40 persen untuk Daihatsu. Kalau dibanding beberapa tahun lalu, segmen ini bisa sampai 60 persen," ujarnya, Minggu (25/8/2024).

Terkait hal ini, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan oleh para calon first car buyer agar sesuai dengan kebutuhan dan tidak merasa rugi di kemudian hari.

Menurut Aries Aditya Putra, jurnalis dan host GridOto, membeli mobil pertama harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan konsumen itu sendiri.

"Soal kebutuhan, untuk keluarga kecil sudah cukup dengan mobil dua baris, sedangkan jika keluarga besar bisa memilih mobil tiga baris. Kemudian apabila memiliki tabungan yang cukup bisa membeli secara cash, namun jika belum mampu, dapat melakukan pembelian secara kredit," jelasnya saat sesi talkshow Daihatsu Kumpul Sahabat Solo.

Selain itu, calon konsumen juga bisa memperhatikan soal konsumsi bahan bakar serta pajak tahunannya yang umumnya lebih mahal dibandingkan motor.

Naufal Aziz/GridOto.com
sesi talkshow Daihatsu Kumpul Sahabat Solo bersama Aries Aditya Putra (paling kanan) dan Antonius Yuliyanto (kedua dari kanan)

Baca Juga: Seorang Ibu Dapat Apresiasi Daihatsu di Stadion Manahan Solo, Buah Setia Merawat Xenia 2009