Warga Jaktim Resah, Balap Liar Motor dan Mobil Seenaknya Tutup Jalan

Ferdian - Jumat, 16 Agustus 2024 | 21:00 WIB

Aksi balap liar di Jalan Taman Mini I, Cipayung, Jakarta Timur (16/8/2024) (Ferdian - )

GridOto.com - Polisi sedang tidak berjaga, aksi balap liar muncul kembali.

Lokasinya di Jalan Taman Mini I, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur (16/8/2024) dini hari.

Para pelaku nekat memacu kendaraannya di ruas Jalan Taman Mini I dari arah Cipayung menuju Kramat Jati.

Mereka diketahui memacu motornya tanpa memperdulikan keselamatan.

Tak cuma motor, bahkan mobil pun ikutan adu kencang di ruas jalan tersebut.

"Ada mobil juga yang ikut, tapi enggak sebanyak motor. Memang di sini (Jalan Taman Mini I) sudah sering dipakai buat balap liar," kata warga sekitar, Bayu di Jakarta Timur (16/8/2024).

Menurut warga kasus balap liar di ruas Jalan Taman Mini I sudah kerap dilaporkan ke petugas terkait, tapi pengawasan dan penindakan dilakukan tidak dapat memberikan efek jera.

Bahkan pada Juli 2024 lalu saat Korlantas Polri menggelar Operasi Patuh Jaya, para pelaku masih leluasa melakukan aksi balap liar karena tidak adanya petugas yang berjaga di lokasi.

"Kalau lagi balap liar itu mereka seenaknya menutup jalan, jadi orang lain enggak boleh lewat selama balapan. Nanti kalau temannya sudah balapan baru jalan dibuka lagi," ujar Bayu disitat dari Tribunjakarta.

Warga berharap jajaran Polres dan Satlantas Jakarta Timur dapat meningkatkan pengawasan untuk mencegah terjadinya balap liar di ruas Jalan Taman Mini I.

Karena meski di lokasi sudah terdapat speed trap atau marka kejut, tapi para pelaku balap liar tetap leluasa berulah karena ketiadaan petugas berjaga di ruas Jalan Taman Mini I.

"Harus disanksi juga biar jera, karena balapan di sini sudah lama. Bukan satu tahun, atau dua tahun. Setiap balapan mereka bawa teman-temannya puluhan orang untuk nonton," tutur Bayu.

Baca Juga: Kecelakaan Balap Liar, Pemotor di Bekasi Tewas Mengenaskan