Jokowi Percaya Diri, Jalan Tol di Ibu Kota Terbaru Akan Selesai Akhir 2024

Irsyaad W - Kamis, 15 Agustus 2024 | 14:30 WIB

Presiden Jokowi saat meninjau langsung proyek Tol IKN pada Rabu (1/11/2023). (Irsyaad W - )

GridOto.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa percaya dirinya terkait proyek jalan tol di Ibu Kota terbaru.

Yakni tol penghubung Ibu Kota Nusantara (IKN)-Balikpapan akan selesai di akhir tahun 2024.

"Tadi pagi atau kemarin Bapak, Ibu ke Nusantara lewat Kecamatan Sepaku atau lewat tol? Tolnya belum jadi," ujar Jokowi kepada para hadirin saat melakukan groundbreaking Kantor Bank BCA di IKN, Kalimantan Timur, (12/8/24) dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden.

"Tol akan selesai sampai di Nusantara kira-kira akhir tahun. Betul Pak Menteri PU? Akan selesai akhir tahun sampai ke Nusantara, sebelumnya kita harus putar lewat Kecamatan Sepaku kalau ke sini 2 jam lebih dikit," kata dia dikutip dari Kompas.com.

Oleh itu, menurut Jokowi, jika tol sudah selesai dibangun maka jarak antara Balikpapan ke IKN bisa ditempuh dengan waktu 40-50 menit saja.

Selain itu, nantinya ada bandara IKN yang diperuntukkan bagi pesawat komersial.

"Dan airport Nusantara nanti juga diperuntukkan untuk pesawat-pesawat komersial bisa turun di Nusantara Airport. Bapak, Ibu dari Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dari Papua langsung ke Nusantara turunnya di Nusantara Airport itu ke sini itu hanya memerlukan waktunya 15 menit," kata dia.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengungkapkan, hingga akhir 2024 ini, pemerintah masih berkonsentrasi untuk pembangunan di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) di IKN.

Sementara pembangunan di luar KIPP akan dimulai pada Januari 2025.

Baca Juga: Demi Niat Jokowi di IKN, Hampir 100 Unit Bus Fossil Asal Jawa Dikapalkan ke Kalimantan