Yohanes Akan Lewati 8 Negara Pakai Vespa Listrik, Bagaimana Jika Tiap Negara Colokannya Beda?

M. Adam Samudra - Senin, 12 Agustus 2024 | 15:45 WIB

Vespa Super 1974 milik Yohanes Mustamu siap riding ke 8 negara (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Yohanes Mustamu, akan riding menggunkan motor hasil konversi motor listrik yakni Vespa Super 1974 melewati 8 Negara  dengan jarak tempuh 11.000 KM.

Perjalanan ini akan dimulai akhir Agustus dari Indonesia ke Turki – Bulgaria – Serbia – Kroasia – Slovenia – Austria dan Italia.

Riding ini pun diklaim pertama kali dilakukan oleh orang Indonesia.

Namun demikian, jika Yohanes riding dengan motor listrik ke 8 negara yang menjadi hambatan adalah mencari colokan listrik yang harus sama dengan Indonesia.

Pasalnya ada beberapa tipe colokan listrik di setiap negara.

Beragam jenis colokan, ada yang seperti persegi, lingkaran, segitiga, hingga persegi panjang.

Kendati ada bentuknya yang serupa, jumlah lubang colokannya dapat berbeda.

Bahkan negara tetangga terdekat seperti Singapura menggunakan colokan tipe G, sedangkan Indonesia umumnya menggunakan tipe F.

Memang tidak semua negara memiliki tipe colokan yang sama seperti Indonesia.

Baca Juga: Konversi Motor Listrik Gratis dari Elders Garage, Vario dan Mio Tak Lagi Sobat SPBU

Hal ini tentu membuat Yohanes Mustamu harus membawa colokan adapter sendiri agar tetap bisa mengisi daya baterai pada Vespa Super miliknya ditiap negara.

"Jadi memang kalau colokan listrik di Eropa kebetulan colokannya sama dengan Indonesia. Jadi sebenarnya gak masalah, tapi buat back up biasanya kita punya 1 colokan yang bisa multifungsi," kata CEO Elders Elettico, Heret Frasthio kepada GridOto.com di Lanud Halim Perdanakusuma, Minggu (11/8/2024).

"Nah, memang terus terang jaraknya itu cukup jauh 11.000 Km dan memang kendalanya enggak semua titik ke titik lain belum tentu 200-250 KM. Karena memang Vespanya sendiri bisa berkendara 210-240 KM. Jadi memang challangenya kalau kita mau riding itu lebih kepada penghitungan jarak sampai mencari titik untuk pengisian baterai," sambungnya.

Sebelumnya, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi melepas perjalanan Yohanes Mustamu yang akan mengendarai Vespa Super 1974 dari Indonesia menuju Italia pada akhir Agustus 2024.

Kegiatan itu berlangsung dalam acara “Air Force Scooter Gathering” yang merupakan rangkaian perayaan HUT Ke-72 Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, yang diperingati pada 17 Agustus 2024.