Kena PHP Insentif Hybrid, Intip Spek dan Harga Toyota Yaris Cross

Wisnu Andebar - Sabtu, 10 Agustus 2024 | 20:30 WIB

Toyota Yaris Cross Hybrid batal dapat insentif dari pemerintah (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Mobil Hybrid dari beragam merek yang dijual di Indonesia dipastikan batal dapat insentif, termasuk salah satunya Toyota Yaris Cross Hybrid.

Buat yang sudah nunggu insentif mobil hybrid supaya bisa tebus Yaris Cross Hybrid dengan harga murah, sepertinya harus berlapang dada.

Kabar batalnya insentif mobil hybrid digaungkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang tidak akan mengubah atau menambah insentif di sektor otomotif.

"Maka untuk otomotif, kebijakannya sudah dikeluarkan. Tidak ada perubahan kebijakan dan tambahan. Kalau kita lihat, penjualan dari mobil hybrid hampir dua kali penjualan BEV," ujar Airlangga.

Ia menilai, kebijakan insentif fiskal yang ada saat ini untuk mobil listrik atau electric vehicle (EV) sudah bagus terlebih penjualan mobil hybrid di atas mobil listrik.

"Kalau kita lihat penjualan mobil hybrid itu hampir 2 kali daripada BEV. Jadi sebetulnya produk hybrid itu sudah berjalan dengan mekanisme yang ada sekarang," papar Airlangga.

Lanjut ke Yaris Cross Hybrid, Compact SUV ini hadir dengan pilihan tipe S dan terdapat pilihan varian Gazoo Racing (GR).

Sementara untuk spesifikasinya menggunakan mesin baru berkode 2NR-VEX berkapasitas 1.496 cc, yang mampu menyemburkan tenaga 89 dk dan torsi 121 Nm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik Permanent Magnet Sychronous Motor, yang mampu menghasilkan tenaga 79 dk dan torsi 141 Nm.

Baca Juga: Membuktikan Apakah TSS Pada Toyota Yaris Cross Hybrid Hanya Gimmick?

Tenaga dan torsi dari kedua mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda depan (FWD) menggunakan dua pilihan transmisi yakni manual dan eCVT.

Yaris Cross telah dilengkapi fitur Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal.

Kemudian Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).

Toyota Yaris Cross sudah punya Panoramic View Monitor untuk memberikan bantuan visibilitas saat berkendara.

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch juga sudah tersedia di Compact SUV ini.

Bicara soal harga, pada Agustus 2024 Yaris Cross banderolnya stabil mulai Rp 440,6 juta on the road (OTR) Jakarta.

Berikut daftar harga OTR Jakarta Toyota Yaris Cross yang dihimpun per Sabtu (10/8/2024) dari situs resmi toyota.astra.co.id:

Tipe Harga

1.5 S HV CVT TSS

Rp 440,6 juta

1.5 S HV CVT TSS (Premium Color)

Rp 443,1 juta

1.5 S HV CVT TSS 2 Tone 

Rp 444,6 juta

1.5 S HV CVT TSS 2 Tone (Premium Color)

Rp 445,6 juta

1.5 S GR HV CVT TSS

Rp 449,95 juta

1.5 S GR HV CVT TSS (Premium Color)

Rp 452,45 juta

1.5 S GR HV CVT TSS 2 Tone

Rp 453,95 juta

1.5 S GR HV CVT TSS 2 Tone (Premium Color)

Rp 454,95 juta