Siswa SMA Sederajat Bisa Bikin Proyek Bareng Toyota, Buruan Siapkan Ini

Wisnu Andebar - Rabu, 7 Agustus 2024 | 15:45 WIB

Toyota Eco Youth ajak generasi muda peduli lingkungan (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Setelah resmi dimulai pada April 2024 lalu, program Toyota Eco Youth (TEY) kini memasuki tahap pengiriman proposal proyek dari tiap sekolah.

TEY merupakan kompetisi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat tingkat nasional tentang inovasi perbaikan lingkungan hidup, yang kini masuk penyelenggaraan ke-13.

Adapun proposal yang masuk nantinya akan diseleksi, kemudian tahap berikutnya bimbingan proyek, implementasi proyek dan mentoring, penjurian akhir, dan pengumuman pemenang.

Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, memasuki era transisi energi, partisipasi generasi penerus bangsa terhadap kondisi lingkungan berperan penting mendukung Indonesia menuju masa depan netralitas karbon.

"Inisiasi generasi muda sebagai kunci keberlanjutan bumi yang hijau harus diwujudkan sejak dini, sehingga menjadi kontribusi bagi akselerasi target pemerintah mengurangi emisi pada 2030 sudah harus flat atau tidak naik lagi, sehingga target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 dapat tercapai,” ujar Bob dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, Toyota Indonesia telah melakukan sosialisasi ke SMA dan sederajat di 8 kota Indonesia yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Sosialisasi disampaikan kepada sebanyak lebih dari 2.500 siswa baik online maupun offline, yang terdapat di 221 sekolah di Jakarta, Balikpapan, Makassar, Papua, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan Medan.

Dalam aktivitas tersebut, selain menjelaskan mengenai persyaratan proposal juga disampaikan mengenai penjelasan apa itu pengurangan karbon.

Dalam aktivitas sosialisasi ini, sekolah-sekolah yang memiliki fasilitas eco gallery dari Toyota karena konsistensi mengikuti kompetensi TEY juga turut dikunjungi.

Baca Juga: Cara Toyota Peduli Lingkungan, Ajak Pelajar SMA Ikut Lomba Ini

“Dengan sosialisasi yang sudah dilakukan, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian anak muda terhadap netralitas karbon. Salah satunya dapat dituangkan melalui TEY ini agar dapat dikembangkan dengan bimbingan para ahli,” terang Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM).

Diinisiasikan pada 2005, TEY hadir sebagai kompetisi gerakan penghijauan dan kepeduliaan lingkungan besutan TMMIN dan TAM

Lomba ini telah melibatkan lebih dari 1.700 partisipasi pelajar SMA atau sederajat dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal mencapai hampir 4.000.

Program TEY ke-13 terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia.

Informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website toyotaecoyouth.com untuk detail persyaratan dan tahapan pendaftaran secara lebih lengkap.